Ny. Ayu Pastika Santuni Bocah Penderita Cerebral Palsy

  23 Maret 2016 TOKOH Gianyar

baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahtaeraan Keluarga  (TP PKK) Provinsi Bali Ny. Ayu pastika secara khusus mengunjungi  Ketut Pande Sudarsana (14) bocah penderita cerebral palsy (CP) asal Banjar Kutri, Desa Singapadu, Kecamatan Sukawati, Gianyar, Selasa (22/3). 
 
Ayu Pastika yang juga ketua Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BK3S) Provinsi Bali merespon cepat pemberitaan sebuah harian mengenai bocah malang tersebut. Sang ibu Ni Nyoman Metri didampingi ayahnya, Nyoman Sudarta, yang menerima langsung kunjungan tersebut menuturkan hal ihwal Sudarsana penyakit yang diderita putranya tersebut. Sudarsana mengalami kelumpuhan total ketika berumur 5,5 tahun,  berawal dari demam tinggi hingga kejang-kejang. 
 
Dia dan suaminya sudah berusaha mengobati ke rumah sakit, namun kondisi putranya semakin parah hingga akhirnya beberapa bulan kemudian anak ke empatnya itu mengalami kelumpuhan total. Metri menambahkan, dia dan suaminya hanya bisa pasrah mengingat keluarganya tergolong kurang mampu yang untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya saja susah. “ Jangankan untuk berobat, untuk merenovasi rumahnya saja dia tidak bisa,” ujarnya lirih. 
 
Sudarta yang bekerja sebagai buruh bangunan dan Metri yang hanya Ibu rumah tangga biasa yang tidak bisa bekerja karena harus mengurus anaknya. Rumah keluarga malang itu memang jauh dari layak, dimana lantainya tanah dan dindingnya bedeg, bertatap asbes, sehingga sangat tidak nyaman untuk didiami. 
 
Melihat kondisi keluarga ini Ayu Pastika berinisiatif memfasilitasi bantuan bedah rumah bagi mereka yang akan diupayakan melalui program Corporate Social Responsilblity (CSR).   Untuk sementara waktu, Ayu Pastika meberikan bantuan berupa sembako dan uang tunai bagi keluarga ini . “Untuk ke depan kita berikan bantuan secara kontinyu hingga dia bisa mendapatkan bantuan asistensi pennyandang disabilitas berat,”.
 
Dalam kunjungan sosial serangkaian Hari Kesatuan Gerak TP PKK ke 44 ini,    Ayu Pastika kembali mengimbau masyarakat untuk peduli dan peka akan penderitaan para warga yang memang perlu untuk diberi bantuan. “ Mari kita peduli, mengembangkan kepekaan kepada sesama yang tengah mengalami kesusahan. Seberapapun kecilnya, bantuan itu pasti berarti bagi mereka,”pungkasnya.  
 
Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Pemprov Bali, I Nyoman Wenten, menjelaskan bahwa selama ini keluarga Nyoman Sudarta masih masuk dalam daftar tunggu penerima asistensi penyandang disabilitas berat. “Karena kuota kami dalam APBD masih penuh, jadi kami masukkan daftar tunggu sementara,” jelasnya. Namun menurutnya hal itu tidak menyurutkan semangatnya beserta pemerintah untuk selalu membantu warga miskin. Selama ini, keluarga Nyoman Sudarta telah diupayakan menerima bantuan berupa sembako, dan itu akan berlanjut setiap bulannya. 
 
Ni Ketut Metri pada kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada Ayu Pastika atas perhatian dan bantuannya. “Semoga kedepan kami bisa mendapatkan bantuan bedah rumah, sehingga anak kami bisa tinggal dengan kondisi yang lebih nyaman,” harapnya.(*)