Ngeri! Tengkorak Manusia Ini Dikirim Dua Kali ke Bali. Tujuan Belanda, Digagalkan

  09 Februari 2018 PERISTIWA Denpasar

ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Bea Cukai Bali berhasil melakukan penegahan terhadap 24 tengkorak manusia yang akan dikirim ke Belanda. 
 
 
 
Informasinya, tengkorak ini berasal dari Papua dan Kalimantan dan dibawa oleh seorang pria berinisial R dari Kuta, Badung. Semua tengkorak tersebut asli tengkorak manusia dan bukan fiber.
 
"Penindakan kami lakukan 2 kali. Masing-masing pada tanggal 11 dan 18 Januari 2018. Dari 2 kali penindakan itu kami dapatkan total 4 karton berisi 24 tengkorak manusia,” ujar Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Bali, NTB dan NTT, M Syarif Hidayat,  Jumat 9 Februari 2018. 
 
Diketahui keempat karton tersebut merupakan hasil dari 2 kali penindakan oleh pejabat Bea Cukai di Kantor Pos Lalu Bea Renon, Denpasar.
 
 
 
Keempat karton berisi tengkorak tersebut, rencananya akan dikirim ke Belanda sebagai barang kiriman pos.
 
Namun upaya tersebut berhasil digagalkan oleh pejabat Bea Cukai yang mencurigai hasil pencitraan mesin X-Ray barang.
 
Kemudian dilakukan pemeriksaan dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Bali dan berdasarkan kesimpulan hasil pemeriksaan yang tertuang dalam surat Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Bali Nomor: 24/E 21/TU/2018 hal Identifikasi dan Rekomendasi, diduga tengkorak manusia yang ditegah tersebut asli.
 
 
 
"Setelah kami koordinasi dengan pihak BPCB ternyata tengkorak itu tengkorak manusia. Bukan terbuat dari fiber,” pungkasnya.(BB)