Museum Karst Level Dunia di Wonogiri Ini Bakal Bikin Liburanmu Makin Bermakna

  26 Juni 2018 SOSIAL & BUDAYA Nasional

relisadventure.blogspot.com

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Bagian tengah Pulau Jawa menyimpan banyak tempat wisata yang patut kamu kunjungi. Jika kamu sudah pernah menjajal keeksotisan Yogyakarta atau indahnya Karimun Jawa, cobalah lanjutkan petualangamu sedikit ke arah selatan, tepatnya ke Wonogiri. Kamu bisa gunakan transportasi Bus Agra Mas untuk ke sini. Tapi apa yang menarik sih di Wonogiri? Simak catatan kami berikut ini.
 
Sangat penting untuk kamu ketahui, Wonogiri memiliki sebuah museum karst kelas dunia, namanya Museum Kars Indonesia (MKI). Ini adalah salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi ketika kamu berwisata ke Jawa Tengah dengan menggunakan Bus Agra Mas.
 
Sebelum lebihjauh ada baiknya kamu tahu apa itu karst, kerana bisa dibilang masih banyak orang yang awam dengan kata ini. Menurut laman Wikipedia, Karst adalah sebuah bentuk permukaan bumi yang pada umumnya dicirikan dengan adanya depresi tertutup (closed depression), drainase permukaan, dan gua. Daerah ini dibentuk terutama oleh pelarutan batuan, kebanyakan batu gamping. Dalam Bahasa Indonesia, Karst ditulis tanpa menggunakan huruf 'T', cukup, Kars. Ada banyak wilayah karst yang tersebar di seluruh Indonesia, umumnya berbukit-bukit dengan banyak gua.
 
Museum ini memiliki luas sekitar 25 hektar. Letaknya di Desa Gebangharjo, Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri, Jawa Tengah. Tak terlalu jauh dari ujung perjalananmu dengan Bus Agra Mas. Luas bangunannya mencapai 300 meter persegi, bertumpuk tiga lantai. Tak heran bila ini menjadi museum karst terbesar di Asia Tenggara.
 
Bangunan berbentuk limas ini akan menyapamu dengan miniatur stalagtit dan stalagmit di bagian depan. Lantai pertama akan mempertemukanmu dengan gambaran peta karst dunia hingga fenomena karst yang terjadi di Tanah Air. Rasakan gambaran atau replika fenomena ini mulai dari karst Ciampea, Ciseeng, Gudawang, Gunung Sewu, Maros-Pangkep, Gombong, Sangkulirang-Tanjung Mangkaliat-Tapin, Wawolesea, Padang, Muna, hingga karst Papua. Sementara itu, di salah satu sudutnya, kamu akan menjumpai replika manusia kerdil yang konon berasal dari Flores.
 
Selanjutnya, di lantai dasar kamu bisa mengamati dengan seksama berbagai alat budaya pra sejarah hingga diorama manusia purba. Banyak ilmu pengetahuan yang bisa kamu dapatkan di sini tentunya. Untuk lantai paling atas, kamu berkesempatan menyaksikan pemutaran film seputar fenomena karst.
 
Balkon lantai kedua Museum Kars Indonesia merupakan salah satu spot paling menarik. Kamu bisa menikmati pemandangan perbukitan karst yang mengitari museum. Sekalian kamu bisa membandingkan replika di museum dengan kondisi asli.
 
Tak lengkap rasanya wisata ke museum  ini tanpa mengabadikan momen kunjungan di sana. Spot paling menarik untuk foto maupun swafoto adalah diorama manusia purba yang terletak tak jauh dari pintu masuk. Tentunya masih ada banyak spot lainnya, pastikan untuk berfoto di tiap spot yang paling keren ya!
 
Selain itu, museum ini juga memiliki tujuh goa sekaligus. Letaknya masih berada disekitar museum. Dengan kemasan semenarik ini, jangan sampai Museum Kars Indonesia tidak masuk dalam jadwal liburanmu. 
 
Tiket Bus Agra Mas kini juga bisa dibeli dengan mudah secara online di Traveloka, termasuk untuk bus tujuan ke Wonogiri. Kamu hanya perlu memasukkan kota asal dan tujuan, kemudian pilih tiket bus Agra Mas yang sesuai dengan tujuanmu.