Monitoring Serangan Hama dan Penyakit Padi, Peneliti FTP Unud Kembangkan Teknologi Drone

  25 Februari 2022 PENDIDIKAN Badung

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.comUntuk monitoring serangan hama dan penyakit padi menggunakan drone dengan kamera multispectral dilakukan oleh Tim Fakulatas Teknologi Pertanian, Universitas Udayana di subak Cemagi Let Mengwi pada  Minggu (20/2/2022).

Tim yang di pimpin oleh Prof. Ir. I Made Anom Sutrisna Wijaya, M.App.Sc., Ph.D melakukan penelitian pengembangan metode asesemen serangan hama dan penyakit padi di Bali. Hasilnya diharapkan bisa membantu para petani dalam mempermudah kerja di lapangan.

Teknologi drone merupakan contoh implementasi teknik penginderaan jarak jauh yang berguna untuk memantau lahan persawahan yang cukup luas. Drone memudahkan petani untuk memonitoring dan melakukan perawatan sawahnya seperti mengendalikan serangan hama dan penyakit padi.

Kegiatan ini merupakan implementasi dari project SATREPS dalam pengembangan metode asesemen serangan hama dan penyakit padi yang dibiayai oleh Pemerintah Jepang melalui program JICA (Japan International Operation Agency).

Tim pelaksana project SATREPS terdiri dari Chiba University, IPB University, Udayana University (Fakultas Teknologi Pertanian dan Fakultas Pertanian), Dinas Pertanian Jawa Barat dan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung.(BB). 
Sumber: http://www.unud.ac.id