Mimih Dewa Ratu! Ribuan Susu Dibakar KPU Jembrana

  13 Februari 2024 POLITIK Jembrana

Ket poto : Petugas KPU Jembrana memusnahkan surat suara yang rusak

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana, Ribuan surat suara yang rusak dimusnahkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jembrana sehari sebelum pencoblosan Pemilu 2024. Pemusnahan ini disaksikan oleh Forkopimda Kabupaten Jembrana di halaman Gedung Auditorium Jembrana yang digunakan sebagai gudang logistik.

Total 3.132 surat suara yang rusak dimusnahkan, meliputi surat suara untuk Presiden dan wakil presiden, DPD, DPR-RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten. Rinciannya, 2.762 lembar untuk Presiden dan Wakil Presiden, 7 lembar untuk DPD, 174 lembar untuk DPR RI, 75 lembar untuk DPRD Provinsi dan 114 lembar untuk DPRD Kabupaten.

"Kerusakan surat suara di antaranya kertas sobek, cacat pencetakan seperti nama dan lambang tidak ada," ungkap Ketua KPU Jembrana, I Ketut Adi Sanjaya, saat dikonfirmasi, Selasa (13/2/2024).

Lebih lanjut Adi menjelaskan, kerusakan surat suara ditemukan saat proses sortir dan pelipatan. KPU kemudian mengajukan permohonan penggantian surat suara yang rusak kepada KPU Pusat dan telah diganti sehingga jumlahnya tidak berkurang sesuai jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Sementara itu, sebanyak 4.490 kotak suara logistik didistribusikan ke 898 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 51 desa/kelurahan di Jembrana. Distribusi dilakukan dengan pengawalan kepolisian menggunakan 45 armada truk.

"Pendistribusian logistik dimulai dari Kecamatan Pekutatan, kemudian ke Barat, Mendoyo, Jembrana, Negara dan Melaya. Total surat suara yang didistribusikan sebanyak 248.998 surat suara," jelas Adi.

Pemusnahan surat suara dilakukan dengan cara dibakar di tong dan disaksikan oleh semua undangan yang hadir, termasuk pihak keamanan dan Bawaslu Jembrana.

Dengan dimusnahkannya surat suara yang rusak dan pendistribusian logistik yang aman, KPU Jembrana menyatakan siap untuk melaksanakan Pemilu 2024 di wilayahnya.  (BB)