Miliki Banyak Potensi Wisata, PPI Bali Bantu Desa Kenderan Tegalalang Jadi 'Desa Bersinar'

  05 Juli 2022 EKONOMI Denpasar

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Perempuan Pemimpin Indonesia (PPI) Provinsi Bali memiliki salah satunya program kepada generasi muda agar terhindar dari bahaya narkoba atau hal negatif lainnya. Salah satu program itu bertajuk ‘Sinergi untuk Energi Pang Pade Payu (SIP3)’ di Desa Kenderan, Tegalalang, Gianyar, Bali agar mulai bangkit kembali pada tahun 2022 ini. 

Kepala Desa Kenderan, I Dewa Gde Jayakusuma menyatakan Desa Kenderan yang telah menyandang Desa Wisata sejak tahun 2017, namun belum ada yang menjadi ciri khas yang ditonjolkan. Menurutnya, alam yang ada di Desa Kenderan ini sangat banyak sehingga kehadiran PPI ini akan memunculkan salah satu potensi untuk menunjang Desa Wisata. 

"Sehingga Desa Kendaran menjadi bersinar seperti diharapkan SIP3,” ucap Dewa Gde Jayakusuma usai menghadiri Ambassador Talk yang menghadirkan Duta Besar Turki untuk Indonesia Prof. Dr. Askin Asan, di Kampus Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) di Denpasar, Selasa (5/7/2022).

Dewa Gde Jayakusuma yang ditemani tokoh Puri Kendaran Anak Agung Indra Wirawan mengakui salah satu yang sudah digali di Desa Kenderan yang terkenal dengan 'Holy Water' atau tempat penglukatan. Salah satunya, Pura Telaga Waja yang merupakan peninggalan sejarah dimana mata airnya dimanfaatkan tidak hanya warga sekitar, akan tetapi warga luar desa untuk air minum langsung. 

“Mata air ini muncul dari empat penjuru mata angin baik dari utara, timur, barat, selatan, dan ada satu mata air muncul dari tengah. Mata air ini menjadi tempat melukat, dan kerap dikunjungi wisatawan. Selain itu ada juga air terjun, Waterpall Manuaba. Nah ini sedang kita kerjakan dengan membangun jalur setapak dipinggir sungai,” tutupnya.(BB).