Meriahkan HUT Kota 127, Puluhan Sampan Tradisional Adu Cepat

  16 Agustus 2022 OLAHRAGA Jembrana

Ket poto : Bupati Jembrana I Nengah Tamba lepas Lomba Sampan Tradisional

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Perayaan HUT Kota Negara ke-127 dan HUT Proklamasi Republik Indonesia ke-77, Pemkab Jembrana menggelar serangkaian kegiatan guna memeriahkan hari-hari besar tersebut. Salah satunya yakni  lomba sampan tradisional yang digelar di Muara sungai samblong di desa Perancak, Selasa (16/8) pagi. 

Belakangan ini, kegiatan yang masuk ke dalam kalender tahunan pemerintah kabupaten Jembrana ini sempat terhenti akibat Pandemi Covid-19, Lantaran pada hari ini kembali digelar.  

Tercatat ada 72 sampan ambil bagian dalam lomba tersebut.  Lomba sampan tradisional ini menempuh jarak 5 kilometer (km) dengan mengambil start di Pokdarwis Green Land desa Budeng ( sea com)  sedangkan finisnya di Banjar Samblong, Kelurahan Sangkar Agung.  Setiap sampan dikemudikan berpasangan oleh 2 (dua) orang peserta.   Bupati Jembrana I Nengah Tamba di dampingi Wabup Patriana Krisna dan Dandim 1617 Jembrana secara resmi melepas peserta lomba dengan mengibarkan bendera start tanda dimulainya perlombaan.

Puluhan peserta itu beradu cepat guna menjadi yang terdepan. Lomba yang memperebutkan hadiah puluhan jutaan rupiah itu mendapat perhatian yang cukup besar dari masyarakat desa perancak dan sekitarnya.  Terbukti dengan membludaknya antusiasme penonton yang bergerombol di tepian sungai dari garis start hingga finish di Jembatan Samblong.

Bupati Tamba yang turut menyaksikan perlombaan dari garis start hingga finish mengatakan, Kegiatan perlombaan ini adalah kegiatan untuk mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga, baik olah raga prestasi maupun olahraga tradisional. “Lomba sampan tradisional ini perlu kita lestarikan, dan ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan” ungkap Bupati Tamba seusai penyerahan hadiah kepada pemenang lomba.

I Komang Narta dengan pasangan Wayan Dela asal Desa Samblong Berhasil Meraih Juara pertama menyisihkan 71 peserta lainnya. Seusai mencapai garis finish, keduanya merasa bahagia atas juara yang meraka raih.  Keduanya berhak mendapatkan piala dan uang tunai sebesar Rp. 2,5 juta yang diserahkan oleh Bupati Jembrana. “Selain bisa menyalurkan hobi sekaligus bisa ikut memeriahkan HUT Kota Negara dan HUT Proklamasi RI,” pungkasnya. (rls/BB)