Tim SAR Evakuasi

Malam-malam Main Paragliding, Turis Perancis ini Terjatuh di Tebing Ungasan

  07 Agustus 2019 PERISTIWA Badung

Humas SAR Denpasar

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Badung. Nasib nahas menimpa Mathieu Obispo (48), seorang warga negara asing (WNA) asal Perancis. Obispo jatuh saat bermain Paragliding di dasar tebing Pantai Bali Cliff Ungasan, Selasa (6/8/2019) malam.
 
 
Basarnas Bali menerima laporan kejadian tersebut sekitar pukul 19.30 Wita, yakni 30 menit setelah kejadian. Setelah terima laporan segera dikerahkan tim rescue menuju lokasi kejadian dengan dilengkapi peralatan mountenering dan perlengkapan medis.  
 
 
"Untuk mempercepat respon dan pengecekan awal, ada personil yang diberangkatkan terlebih dahulu menggunakan rescue trail, selanjutnya segera menyusul  personil lainnya dengan  Rapid Deployment Land SAR Unit," ungkap Pelaksana harian Kepala Kantor Basarnas Bali, I Made Junetra, Selasa (6/8). 
 
Setibanya di lokasi, korban masih dalam kondisi sadar dan mengeluh sakit pada bagian kaki. 
 
 
"Tadi setelah dilakukan pemeriksaan awal, diduga ia mengalami cidera patah tulang paha kanannya," imbuh Junetra. 
 
 
Pertolongan pertama yang dilakukan yakni membidai bagian paha kanannya agar meminimalisir pergerakan. "Pembidaian ini sangat diperlukan sebelum korban dibawa ke rumah sakit menggunakan ambulance, karena jika bagian yang patah ini banyak pergerakan bisa memperparah cideranya," jelasnya.
 
Setelah tindakan medis selesai dilakukan, pada pukul 21.05 Wita korban dievakuasi menuju RSUP Sanglah dengan menggunakan Ambulance KBS Badung. Selama upaya pertolongan, turut melibatkan tenaga medis dari RS BIMC Kuta, kelurga korban dan juga masyarakat setempat. (BB)