Makan Siang Bersama Presiden Jokowi, Sugawa Korry Sampaikan Rencana Pembangunan MRT Hingga Pungutan Bagi Wisatawan Asing

  31 Oktober 2023 POLITIK Denpasar

Ketua DPD Partai Golkar Bali Dr. Nyoman Sugawa Korry

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. P6eristiwa bersejarah tampak ketika Ketua DPD Partai Golkar Bali Dr. Nyoman Sugawa Korry pada Selasa siang 31 Oktober 2023 bersama Penjabat (Pj) Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya, Pangdam IX/Udayana Mayjen Harfendi dan Kapolda Bali Irjen. Pol. Ida Bagus Kd Putra Narendra mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) makan siang di Warung Bendega, Renon, Denpasar serangkaian kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Bali.

Di sela-sela makan siang, banyak hal yang didiskusikan Sugawa Korry yang juga Wakil Ketua DPRD Bali ini bersama Presiden Jokowi. Sugawa Korry mengungkapkan bahwa Presiden Jokowi sangat mengapresiasi pemulihan ekonomi Bali yang bertumbuh 5,6 % diatas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional dan inflasi di Bali juga terkendali di bawah tingkat inflasi nasional.

“Beliau (Presiden Jokowi) mengapresiasi pemulihan ekonomi Bali yang bertumbuh 5,6 % di atas nasional dan inflasi di bawah angka nasional. Beliau juga mengapresiasi Pj Gubernur Bali yang sudah cepat beradaptasi bersama instansi terkait,” kata Sugawa Korry.

Dalam kesempatan ini, Sugawa Korry bersama Pj Gubernur Bali menyampaikan permohonan agar rencana pembangunan MRT (moda raya terpadu) di Bali bisa segera diwujudkan. “Dan beliau (Presiden Jokowi) merespon sangat baik, MRT di sentral parkir diusahakan segera dan Pj Gubernur mengusulkan agar bisa melewati Seminyak untuk mengurai kemacetan disana,” sebut Sugawa Korry.

Setelah mendengar usulan dari Sugawa Korry dan Pj Gubernur Bali, Presiden Jokowi menyampaikan karena pembangunan MRT melalui bawah tanah, maka per km dibutuhkan dana paling sedikit Rp 1 triliun dan jarak sampai dengan melewati Seminyak sekitar 16 km, maka dibutuhkan dana sekitar Rp 16 triliun. “Jadi beliau akan mengkaji dengan Kementerian terkait,” ungkap Sugawa Korry.

Dalam momen istimewa ini, Sugawa Korry juga melaporkan kesiapan pelaksanaan Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 6 Tahun 2023 tentang Pungutan bagi Wisatawan Asing untuk Perlindungan Kebudayaan dan Lingkungan Alam Bali dimana pungutan kepada turis asing sebesar Rp 150 ribu per orang akan mulai diberlakukan pada bulan Februari tahun 2024.

“Arahan beliau (Presiden Jokowi) Pj Gubernur Bali, agar penggunaannya jangan untuk banyak hal, difokuskan untuk menangani sampah dan pelestarian budaya Bali,” tutur Sugawa Korry yang pada Pileg 2024 mendatang maju tarung sebagai Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPR RI Dapil Bali dari Partai Golkar.

Selain itu, Sugawa Korry menyampaikan apresiasi atas sikap negarawan yang ditunjukkan Presiden Jokowi dengan menjamu santap siang tiga bakal calon presiden (capres) yang berlaga di Pilpres 2024 yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto, pada hari Senin, 30 Oktober 2023. Dalam kesempatan itu Jokowi juga menyampaikan sejumlah hal penting kepada ketiga bakal capres tersebut.

“Saya juga menyampaikan apresiasi yang luar biasa terhadap acara makan siang bersama Bapak Presiden dengan ketiga capres di Jakarta dan hal tersebut membawa suasana kesejukan politik di akar rumput,” tutup politisi Golkar asal Desa Banyuatis, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng ini.(BB).