Main Ke Yogyakarta, Rombongan BI Disuguhi ‎Wisata Hutan Pinus Disulap jadi Tempat Selfi

  26 April 2019 EKONOMI Nasional

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Yogyakarta. Lokakarya Kebangsentralan dan Kehumasan Bank Sentra Indonesia (BI) yang diikuti puluhan wartawan dipusatkan di kota Yogyakarta. Dalam acara yang dimulai dari tanggal 26-28 ini diawali dengan mengunjungi beberapa tempat wisata di Kabupaten Bantul. 
 
 
Tiba di Bandara Internasional Adisucipto, rombongan langsung mengunjungi objek wisata di Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul.  
 
Di obyek wisata yang berada kawasan hutan lindung milik Perhutani itu, rombongan langsung disuguhi dengan atraksi mengelilingi hutan Pinus dengan mengendarai Jeep yang sudah dimodifikasi. 
 
Yang menarik, meski hutan lindung dikawasan tersebut adalah milik Perhutani, namun masyarakat setempat diberi kebebasan untuk mengelola melalui BUMDes, yang tentu saja hasil dapat menjadi pendapat bagi desa setempat. 
 
 
 
Bayu, pemadu wisata rombongan ini mengatakan, ribuan hektar lahan Perhutani yang berisi tanaman pinus, kayu putih dan pohon mahoni, oleh warga setempat dimanfaatkan untuk obyek wisata alam. 
 
“Setidaknya ada 16 obyek wisata alam ditempat ini. Dari 16 obyek wisata tersebut sebagian besar adalah wisata alam yang pas untuk dijadikan tempat berfoto alias Selfi,” jelas pria yang mengaku asli Yogyakarta itu. 
 
Dijelaskannya, dengan mulai berkembangnya obyek wisata ini,  masyarakat sangat merasakan dampaknya. Yang mana sebelum obyek ini berkembang, warga hanya hidup dari bercocok tanam ubi kayu dan tanaman padi tadah hujan yang hanya bisa ditanami setahun sekali.
 
 
Di kawasan hutan lindung ini, ada beberapa obyek wisata, seperti Hutan Pinus Becici, Rumah Hobit yang berlokasi di Desa Mangunan Kecamatan plus atraksi wisata Jeep DAC (Dlingo Adventure Community). 
 
Kegiatan adventure dengan sarana jeep terbuka menyusuri jalan berbukit dan curam ini menjadi salah satu atraksi yang menarik dan banyak peminatnya. "Untuk satu paket petualang, sewa jeep Rp350 ribu untuk empat penumpang," jelas driver Jeep DAC yang mengantar rombongan wartawan.(BB)