Mahasiswa KKN PPM Unud Survey Potensi dan Produk Unggulan Desa Timpag

  15 Juli 2022 EKONOMI Tabanan

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Tabanan. Senin, 4 Juli  2022 setelah dilaksanakannya  sosialisasi KKN PPM Universitas Udayana Periode XXV Tahun 2022 di kantor Desa Timpag, 17 orang peserta KKN didampingi oleh kepala dusun Made Sukayatna langsung  terjun ke lapangan untuk melihat secara langsung situasi, kondisi, dan potensi yang dimiliki oleh desa.

Kegiatan terjun langsung ke lapangan ini diharapkan dapat membuat mahasiswa lebih mengetahui dan melihat secara langsung potensi-potensi yang dimiliki oleh Desa Timpag Tabanan. Selain itu diharapkan mahasiswa KKN dapat mengenali lokasi tempat pelaksanaan KKN nantinya.

Kegiatan diawali dengan perjalanan menuju objek wisata pertama yaitu Uma Urip yang berlokasi tidak terlalu jauh dari kantor desa, sesampainya di lokasi dijelaskan bahwa Uma  Urip berasal dari dari kata Umaning Uma Lan  Urip. Uma Urip menyajikan pemandangan yang sangat indah berupa hamparan persawahan disertai keindahan gunung di belakangnya.

Selain keindahan alamnya, di daerah Uma Urip juga tersedia jogging track yang dapat digunakan untuk berolahraga. Selain keunggulan yang telah dipaparkan sebelumnya, Uma Urip juga merupakan tempat pelestarian burung hantu Tyto Alba yang bersimbiosis mutualisme dengan para petani karena dapat memberantas hama tikus yang ada di sawah sehingga sama-sama memberikan keuntungan baik untuk petani dan burung hantu.

Dalam perjalanan saat melihat potensi wisata di Desa Timpag, Made Sukayatna juga memaparkan bahwa di Desa Timpag terdapat UMKM keripik gonde yang sudah terkenal dan sering hadir dalam  pameran-pameran baik di tabanan maupun di Bali. Bahkan gonde sampai dijadikan sebagai salah satu makanan khas Tabanan.

Selain rasanya yang enak dan gurih dari renyahnya keripik gonde, gonde juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh yaitu adalah meminimalisir terjadinya radang sendi, membantu pertumbuhan tulang, mengatasi tulang keropos, mengatasi kram, dan lain-lain.

Selain Uma Urip dan juga keripik gonde, Desa Timpag juga masih memiliki potensi wisata dan UMKM lainnya seperti wisata Celemanik View berupa spot selfie yang masih berada di kawasan Uma Urip juga dan Undagi Farmer Village.

Untuk produk unggulan yang ada di  Desa Timpag tidak hanya keripik gonde saja tetapi juga terdapat produk atau komoditas unggulan pertanian, yaitu padi dan jagung. Di bidang peternakan dan perikanan terdapat sapi dan lele. Kemudian, UMKM lainnya yang terdapat di Desa Timpag adalah UMKM penghasil arang batok kelapa.(BB). 

Sumber: http://www.unud.ac.id