Mahasiswa FKH Unud Turut Sukseskan Pengmasnas IMAKAHI di Desa Telemung Banyuwangi

  12 Desember 2022 PENDIDIKAN Nasional

Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana Turut Sukseskan Pengmasnas IMAKAHI di Desa Telemung Banyuwangi.

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Banyuwangi. Wabah PMK telah kembali di Indonesia, setidaknya saat ini 585.000 ternak kuku belah telah terinfeksi PMK sejak awal masuk pada awal April 2022. Upaya pemerintah dalam penganganan kasus ini sangat beragam, pembatasan lalu lintas ternak, potong bersyarat, serta program vaksinasi.

IMAKAHI sebagai suatu organisasi yang beranggotakan mahasiswa kedokteran hewan seluruh Indonesia ikut mengambil peran dalam menyuseskan penanganan PMK di Indonesia dalam kegiatan Pengmasnas IMAKAHI 2022.

Pengmasnas IMAKAHI merupakan salah satu program lelang PB IMAKAHI yang bergerak pada bidang pengabdian masyarakat khususnya membantu dalam kesehatan hewan. Kegiatan ini merupakan salah satu manifestasi dari tri dharma perguruan tinggi.

Pada tahun ini PC UNAIR dan PC UWKS berkesempatan berkolaborasi dalam kegiatan ini. Pengmasnas IMAKAHI 2022 dilaksanakan pada 25-27 November 2022 di Desa Telemung, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi. Kegiatan mengambil tema “Semangat Mahasiswa dalam Upaya Meningkatkan Kesehatan Ternak dan Pencegahan PMK pada Kambing di Desa Telemung, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur”. Wilayah ini dipilih karena menjadi salah satu desa sentra kambing yang ada di Banyuwangi, Jawa Timur.

Dalam kesempatan ini Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana mengirimkan lima perwakilan yang dibagi atas dua perwakilan PC Universitas Udayana, I Dewa Putu Bagus Mertha Anom dan I Made Bagi Rate, serta tiga perwakilan tamu undangan PB IMAKAHI, Kadek Ayu Wiadnyani, Juan Eriona, dan Daffa Baihaqi.

Kegiatan diawali dengan pembukaan dan dilanjutkan dengan pemberian materi tentang handling, restrain, dan cara vaksinasi pada kambing. Setelah pemberian materi para delegasi diantar ke pos masing-masing yaitu rumah warga Desa Telemung. Hari ke-2 dari pagi sampai sore hari dilakukan pelaksanaan vaksinasi pada kambing, dalam kegiatan ini para delegasi telah berhasil menginjeksikan vaksinasi lebih dari 1500 kambing milik warga Desa Telemung.

Kegiatan dilanjutkan dengan Makrab (Malam Keakraban), kegiatan ini bertujuan untuk mempererat hubungan dan menjalin relasi antar anggota IMAKAHI dari tujuh universitas yang berkesempatan hadir. Hari terakhir para delegasi diajak untuk menikmati keindahan alam yang ada di Banyuwangi, yaitu Pantai Bangsring.

Para delegasi diberi kesempatan untuk menikmati keindahan laut dengan melakukan kegitan snorkling. Kegiatan wisata merupakan agenda terakhir pada Pengmasnas IMAKAHI 2022, setelah itu para delegasi kembali ke wilayah masing-masing.(BB). 

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas2364-Mahasiswa-Fakultas-Kedokteran-Hewan-Universitas-Udayana-Menjadi-Bagian-Suksesnya-kegiatan-Pengmasnas-IMAKAHI-2022-Desa-Telemung-Kabupaten-Banyuwangi.html