Kutus Kutus Banyak Dipalsu, Penemu Segera Ganti Nama Sanga Sanga

  05 Desember 2023 BISNIS Gianyar

Penemu sekaligus owner Minyak Kutus Kutus Dr Ir Bambang Pranoto, MBA didampingi Chief Executive Officer (CEO) Kutus Kutus Riva Effrianti saat jumpa pers Satu Dasawarsa Kutus Kutus bertajuk “Forever Joss” di Resto Mango Lango Lake di Br Pacung, Babakan, Gianyar, Selasa (5/12/2023).

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Gianyar. Nama minyak herbal Kutus Kutus yang sudah melegenda di masyarakat serta melekat dengan reseller dan pelanggannya akan diganti dengan nama baru. Penggantian nama tersebut dinilai penemu Kutus Kutus dapat mengurangi tindakan pemalsuan produknya dan untuk menjaga kepercayaan pelanggan dan masyarakat.

Pernyataan mengagetkan ini dilontarkan penemu sekaligus owner Minyak Kutus Kutus Dr Ir Bambang Pranoto, MBA didampingi Chief Executive Officer (CEO) Kutus Kutus Riva Effrianti saat jumpa pers Satu Dasawarsa Kutus Kutus bertajuk “Forever Joss” di Resto Mango Lango Lake di Br Pacung, Babakan, Gianyar, Selasa (5/12/2023).

“Produk Kutus Kutus banyak dipalsu oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab sehingga saya menciptakan unit baru minyak berkhasiat bernama Sanga Sanga,” ucap Bambang didampingi Chief Executive Officer (CEO) Kutus Kutus Riva Effrianti yang juga didampingi puteranya.

Meski Kutus Kutus banyak dipalsu, baik Bambang maupun Riva Effrianti mengaku selama ini tidak melaporkan tindakan pemalsuan produk dan merek Kutus Kutus ini ke pihak kepolisian. 

“Saya tidak melaporkan karena hukum di Indonesia belum seutuhnya berpihak pada produsen dan sanksi hukum atas pemalsuan ini. Begitu juga terkait persaingan harga, tak ada aturannya,” ungkap mereka berdua.

CEO Kutus Kutus Riva Effrianti menambahkan terkait antisipasi tindakan pemalsuan telah dilakukan melalui Divisi Takedown dan Somasi.

“Kami tugaskan karyawan Kutus Kutus untuk men-takedown akun-akun yang menjual produk palsu dan melayangkan surat peringatan berupa somasi,” tegas Riva Effrianti.

Lebih jauh penemu sekaligus owner Minyak Kutus Kutus Dr Ir Bambang Pranoto, MBA didampingi Chief Executive Officer (CEO) Kutus Kutus Riva Effrianti menceritakan awalnya nama Kutus Kutus ia peroleh terinspirasi dari pesan pria tua misterius yang menepuk bahunya beberapa saat dirinya hendak melaksanakan ritual “malukat” (pembersihan diri dengan sumber air suci, red) di Pura Tirta Empul, Tampaksiring, Gianyar beberapa tahun silam.

Dalam perjalanan 10 tahun usahanya ini Bambang memaparkan capaian yang telah diraihnya, dari memproduksi 500 botol dalam sebulan sebagai usaha rumahan sejak 2013 hingga mampu memproduksi 500 ribu botol dalam sebulan bahkan pernah 2 juta botol dalam sebulan.

“Bahkan saat pandemi Covid-19 kami bisa memproduksi 2 juta botol per bulannya. Kami juga tak ada melakukan PHK terhadap karyawan. Tak satupun karyawan kami saat itu terkena Covid,” kata Bambang.

Penemu sekaligus owner Minyak Kutus Kutus Dr Ir Bambang Pranoto, MBA.

Dalam industri hospitality, PT Kutus-Kutus Herbal telah menaungi beberapa hotel dan vila yang tersebar di Bali, dan Yogyakarta. “Kami memiliki 6 vila di berbagai kabupaten di Bali dan 1 City Hotel yang terletak di Kabupaten Gianyar. tidak hanya di Bali saja, PT Kutus-Kutus Herbal juga memiliki Villa yang berada di Yogyakarta. Selain itu, 2 kastil di Belanda seluas 10 hektar,” jelas Bambang sambil tersenyum bahagia.

Puncak peringatan Satu Dasawarsa Kutus Kutus pada 9 Desember 2023 nanti akan dijadikan momen bersejarah sekaligus penanda perubahan fenomenal dari produsen minyak herbal ini. Rangkaian Festival Satu Dasawarsa Kutus Kutus merupakan festival yang menghadirkan pemusik ternama dari lokal, tanah air hingga luar negeri. Di antaranya ada DJ Dash Berlin yang merupakan DJ Internasional, Artis Nasional Via Vallen, artis lokal Joni Agung & Double T, dan DJ Lokal Not So Koplo. “Festival ini akan digelar mulai tanggal 8 – 9 Desember 2023 di Kutus Kutus Garden, Gianyar, Bali,” jelasnya

Untuk harga tiket, konser Satu Dasawarsa Kutus Kutus Festival dibanderol dengan harga yang tidak terlalu menguras kantong. Walaupun konser ini menghadirkan banyak artis-artis ternama, harganya masih bersahabat. Tiket konser ini terbagi menjadi dua kategori, yakni Non-Bundling Product dan Bundling Product.

“Untuk tiket Non Bundling Product dibanderol mulai harga Rp 100 ribu – Rp 550 ribu/tiket yang sudah termasuk dengan tiket dan jas hujan. Sedangkan tiket Bundling Product dibanderol mulai harga Rp 150 ribu – 750 ribu/tiket yang sudah termasuk dengan tiket, jas hujan, dan produk dari Kutus Kutus,” terang Riva yang juga istri dari Bambang Pranoto.

Lebih jauh Riva menjelaskan Festival Satu Dasawarsa Kutus Kutus dimeriahkan dengan berbagai artis ternama mulai dari lokal, nasional, hingga luar negeri. Pada tanggal 8 Desember 2023, Festival ini akan dimeriahkan oleh artis dan DJ lokal Bali yakni Lolot, Balawan, Widi Widiana Feat Dek Ulik, Barong Boys, Not So Koplo, dan Koplosan.

Foto: Chief Executive Officer (CEO) Kutus Kutus Riva Effrianti.

“Sedangkan, pada 9 Desember 2023, Festival ini akan mendatangkan Dash Berlin, Padi Reborn, Via Vallen, God Bless, Sawung Jabo & Sirkus Barock, Bagus Wirata, Joni Agung & Double T, DJ Denyz, DJ Fabiola, DJ Camelo, DJ Nyxcy, DJ AWM, dan MC AWP,” pungkas Riva.

Tentang Kutus Kutus

Kutus Kutus Tamba Waras merupakan produsen minyak herbal yang berdiri sejak tahun 2013. Kutus Kutus Tamba Waras berawal dari Desa Bona, sebuah desa kecil yang terletak di Kabupaten Gianyar, Bali.

Dengan niat untuk berbagi kesembuhan untuk banyak orang, dan keyakinan dalam menyajikan sebuah ramuan yang merupakan warisan Nusantara dimana telah terbukti menyembuhkan dan menyehatkan dari sejak zaman Majapahit, lahirlah produk Tamba Waras bernama Kutus-Kutus. Warisan yang dulu terpendam, kini bersinar kembali untuk menjadi bagian dalam keseharian kita untuk memperoleh kesembuhan dan kesehatan.

Dalam perjalanannya hingga sekarang PT Kutus Kutus Herbal tidak hanya memproduksi Minyak Kutus Kutus namun memproduksi juga Minyak Tanamu Tanami yang mampu mengobati luka bakar, bekas jerawat, stretch mark, kulit kering dan pecah pecah, memar rematik dll. Kemudian memproduksi juga sabun,ada dua sabun yaitu Kalila Kalila dan Tanamu Tanami. Sabun Kalila Kalila dapat digunakan sebagai sabun pencegah atau perawatan agar terhindar dari penyakit kulit, cocok untuk menjaga kulit yang sudah sehat dan bersih. Sabun Tanamu Tanami untuk menyembuhkan penyakit kulit seperti panu, kadas, kurap, gatal gatal akibat alergi, bersisik, luka lecet, luka bakar, dan kulit lebam akibat benturan.

Produk lain yang diproduksi oleh PT. Kutus Kutus Herbal yaitu Kutus Kutus Powder yang membantu anda mendapatkan kesehatan secara maksimal dan dapat menambah manfaat dari Minyak Kutus Kutus khususnya untuk keluhan keluhan yang lebih berat.

Kutus Kutus Group

Bukan hanya produk herbal saja yang terus dikembangkan, PT Kutus Kutus Herbal juga terus mengikuti perkembangan zaman dengan membuka berbagai lini. Mulai dari Industri Hospitality, Media, Agrobisnis, Bahkan Mancanegara.

Kutus Kutus Hospitality

Dalam industri Hospitality, PT Kutus-Kutus Herbal telah menaungi beberapa Hotel dan Villa yang tersebar di Bali, dan Yogyakarta. Memiliki 6 vila di berbagai kabupaten di Bali dan 1 City Hotel yang terletak di Kabupaten Gianyar. tidak hanya di Bali saja, PT Kutus-Kutus Herbal juga memiliki vila yang berada di Yogyakarta.

Kutus Kutus Media

Dengan pesatnya media sosial dan kreatifitas anak muda yang berkembang saat ini, PT Kutus-Kutus Herbal juga ikut terus berinovasi dalam dunia media, Dengan membuka 8 Radio yang tersebar di Bandung, Medan, Aceh, Jogja, Bali dan Amsterdam. ini membuktikan bahwa PT Kutus-Kutus Herbal juga peduli dengan inovasi anak muda yang begitu dahsyat saat ini, dengan memberi wadah kretifitas dalam industri broadcasting (penyiaran).

Kutus Kutus Garden

Kutus Kutus Garden adalah sebuah venue yang sangat luas, yang terletak di Bitera, kabupaten Gianyar. kutus kutus garden bisa disewakan untuk berbagai acara, mulai dari acara dengan skala Nasional hingga International. Bukan hanya itu, di dalam area venue juga terdapat Resto Mango Lango Lake yang menawarkan berbagai macam makanan khas Bali dan menyuguhkan view yang sangat asri.

Venue ini adalah bentuk dukungan dari PT. Kutus Kutus Herbal untuk masyarakat Bali maupun Indonesia untuk terus berkreatifitas dan berinovasi dalam membuat sebuah acara yang berdampak positif bagi sekitar.

Kutus Kutus Agro

Kutus kutus Agro adalah sebuah lini Agrobisnis dalam bentuk Perkebunan jeruk dan Kopi yang terletak di Kintamani Bali. dengan adanya agrobisnis seperti ini, bisa mewadahi warga sekitar yang berprofesi sebagai petani.

Kutus Kutus Property International

Kutus Kutus Property International B.V., yang sebelumnya dikenal sebagai Kutus Kutus International B.V., kini merupakan kantor Kutus Kutus perwakilan dari Bali untuk wilayah Eropa. Perusahaan ini, yang berlokasi di Baambrugge di dalam sebuah kastil bersejarah, tidak hanya fokus pada penjualan produk mereka, tetapi juga menyelenggarakan acara kesehatan dan kesejahteraan di lokasi mereka. Dipimpin oleh Riva Effrianti, CEO dari Kutus Kutus Group, dan Bapak Bambang Pranoto. Bersama-sama mereka membawa kekuatan penyembuhan Kutus Kutus ke seluruh Eropa. Selamat datang di Kutus Kutus, tempat kesehatan dan kesejahteraan bersatu.

Kutus Kutus Spa

Kutus Kutus SPA hadir untuk memberikan sensasi relaksasi dari terapis profesional berpengalaman dan tentu saja menggunakan Produk Kutus Kutus. Menghadirkan beberapa varian relaksasi seperti Aroma Massage, Relaxing Massage, Foot Massage, Full Body Massage, Half Body Massage, dan Skin Treatment. Anda dapat merasakan sensasi relaksasi yang berbeda dengan SPA lainnya.

Yayasan Kutus Kutus Bhakti Semesta

Yayasan Kutus Kutus Bhakti Semesta (Yayasan KKBS) yang didirikan pada 21 Oktober 2019 adalah sebuah lembaga yayasan pendidikan Nasional nirlaba yang dimaksudkan oleh pendirinya, Dr. Ir. Bambang Pranoto, MBA., sebagai suatu sumbangsih sebagai anggota masyarakat dalam memajukan kehidupan bangsa melalui media pendidikan. Yayasan Kutus Kutus Bhakti Semesta (YKKBS) dari rencana semula dalam mewujudkan cita citanya mewujudkan Politeknik yaitu dengan cara melakukan alih kelola ABA Prawira Martha dan selanjutnya melakukan proses alih bentuk menjadi politeknik dengan nama Politeknik Bhakti Semesta, rupanya mengalami perubahan strategi dalam perjalanan pencapaiannya.

Dalam proses Pengajuan Pembukaan PTS Vokasi dengan 3 (tiga) Prodi yaitu: Bisnis Digital, Rekayasa Teknologi Multimedia dan Rekayasa Keamanan Siber dalam jenjang D4 S1 Terapan. Selanjutnya pada – tanggal 16 November 2020 telah mendapat mendapat Surat Rekomendasi Pendirian PTS Vokasi dari LLDIKTI 6, No. 1280/LL6/AK/2020.

Mango Lango Resto

Kutus Kutus juga merambah dunia kuliner dengan signature dish yang sangat terkenal yaitu Bebek Goreng Mango Lango. Anda bisa menemui Mango Lango Resto di: Mango Lango Medan (JI. Sei Batang Serangan No.35/60, Babura, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara), Mango Lango Lake Bali (Venue Kutus Kutus Garden, Jalan Sawo No.122, Bitera, Gianyar, Bali), Mango Lango Restaurant (Pabrik Kutus Kutus Lantai 4, Jalan Sawo No.88, Bitera, Gianyar, Bali).(BB).