Undang Gubernur Bali

KPU Bali Siap Gelar 'Konreg' Tingkatkan Partisipasi Pemilih

  10 September 2018 POLITIK Denpasar

ilustrasi nett

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Gubernur Bali Wayan Koster dan Wakil Gubernur Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati menerima audensi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bali di Ruang Tamu Gubernur Bali, Kantor Gubernur Bali, Denpasar, Senin (10/9) pagi. 
 
 
Dalam pertemuan ini Ketua KPU Provinsi Bali Wayan Jondra menyampaikan rencana kegiatan Konsolidasi Regional (Konreg) Peningkatan Partisipasi Pemilih dalam Pemilu 2019 (wilayah II) yang akan diselenggarakan di Denpasar, Bali tanggal 12-14 September 2018. 
 
Menurut Jondra kegiatan yang diselenggarakan di tiga kota di Indonesia ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilihan umum sekaligus peningkatan wawasan kebangsaan.
 
 
Anggota KPU Provinsi Bali Ni Wayan Widhiastini yang juga panitia Konreg menyampaikan kegiatan ini akan diikuti perwakilan KPU dari 8 Provinsi dan 155 Kabupaten/kota dengan jumlah peserta sekitar 400 orang. Selain Bali, Konreg diselenggarakan pula di Riau dan Makassar.
 
 
Gubernur Bali Wayan Koster menyambut baik rencana penyelenggaraan Konreg Peningkatan Partisipasi Pemilih Dalam Pemilu 2019 di Bali. Menurut Koster kegiatan ini merupakan wahana yang baik untuk melakukan pendidikan politik kepada masyarakat. 
 
“Supaya masyarakat itu semakin sadar, makin merasa berkepentingan untuk mendukung proses demokrasi yang diselenggarakan oleh negara,” kata Koster.
 
 
Koster mengatakan dengan menggunakan hak pilihnya maka masyarakat telah secara aktif menjalankan proses politik dengan baik. Ia mengakui ada fenomena masyarakat yang semakin cerdas justru partisipasi politiknya semakin rendah. Hal ini menurutnya tidak boleh terjadi di Indonesia. 
 
 
“Di Indonesia tidak boleh begitu (partisipasi rendah), sehingga proses demokrasi itu menjadi legitimate,” ujarnya. Secara khusus Koster memuji masyarakat Bali pada pemilihan Gubernur lalu yang menggunakan hak pilihnya dengan baik sehingga tingkat partisipasi pemilih mencapai 72 persen.
 
Tampak hadir pula dalam audensi tersebut Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Bali Dewa Putu Mantera dan anggota KPU Provinsi Bali Kadek Wirati.(BB)