Korban Meninggal 7 Orang, 11 Penumpang Masih Pencarian Musibah Tenggelamnya KMP Yunicee

  30 Juni 2021 PERISTIWA Jembrana

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Jembrana. Berdasarkan data manifest terakhir yang dirilis Petugas SAR tercatat hari ini, Rabu (30/6/2021) pukul 07.20 Wita yakni jumlah penumpang KMP Yunicee sebanyak 41 orang, ABK 13 orang dan petugas di kantin 3 orang. 

Sampai data terakhir Rabu pagi dari petugas SAR menyatakan POB 57 jumlah korban meninggal 7 orang, selamat 39 orang, dan 11 orang masih pencarian dalam musibah tenggelamnya KMP Yunicee di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali.

"Petugas gabungan saat ini sedang fokus dalam pencarian para penumpang KMP Yunicee," kata Ayu selaku Humas SAR Denpasar.

Sebelumnya diberitakan Baliberkarya.com bahwa diduga mesin kapal black out Kapal Motor Penumpanh (KMP) Yunicee yang akan mau nyandar di Pelabuhan Gilimanuk disertai dengan arus dan gelombang yang besar mengalami kecelakaan dan tenggelam, Selasa malam (29/06).

KMP Yunicee yang berangkat dari Pelabuhan Ketapang menuju Pelabuhan Gilimanuk namun sekira pukul 19.05 Wita kapal tersebut hendak nyandar namun diduga mesin black out, sehingga kapal menjadi miring dimana arus dan gelombang besar kapal terseret kearah selatan Pelabuhan Gilimanuk Pantai Penginuman sekitar 3 Km sebelum akhirnya tenggelam.

Diketahui KMP Yunicee yang panjangnya berukuran 56,5 meter lebar 8,6 meter berwarna putih strip merah biru tersebut membawa penumpang 41 termasuk crew sebanyak 13 orang, jumlah kendaraan yang dimuat berjumlah 25 unit diantaranya pick up 1 unit, truk sedang 17 unit, kendaraan kecil (mobil pribadi) 6 unit dan 1 buah sepeda motor.

Sebelumnya, KMP Yunicee sekira pukul 17.00 Wita berangkat dari Pelabuhan Ketapang menuju Pelabuhan Gilimanuk dimana arus pada saat itu sangat besar sehingga kapal tersebut terbawa arus keselatan dari Pelabuhan Gilimanuk. Dan diduga bermasalah di mesin black out kemudian miring dan langsung tenggelam diselatan Pelabuhan Gilimanuk tepatnya di Pantai Penginuman.

KMP Yunicee sudah keadaan darurat dan mau tenggelam, membuat kapal yang sedang berlayar langsung menolong para penumpang. Sebanyak 28 orang dibawa langsung kembali ke Pelabuhan Ketapang, sementara penumpang yang ditemukan sudah meninggal dibawa langsung ke Pelabuhan Gilimanuk dan langsung di evakuasi ke Puskesmas Gilimanuk. Pencariam penumpang sebelumnya dilakukan oleh petugas gabungan baik Basarnas Kabupaten Jembrana, Polairud Polres Jembrana, SAR Brimob Batalion C Pelopor.(BB).