Komit Lestarikan Seni Budaya, Seniman Gong Dukung Amerta Pimpin Denpasar

  27 November 2020 POLITIK Denpasar

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Denpasar Nomor Urut 2, Gede Ngurah Ambara Putra dan Made Bagus Kertha Negara (Amerta) terus mendapat dukungan. Kali ini, seniman atau Sekaa Gong Setia Dharma Gita menyatakan apresiasi terhadap Amerta yang dinilai komitmen melestarikan seni budaya Bali.

Seniman yang juga sesepuh Sekaa Gong Setia Dharma Gita, I Gusti Kompyang Oka menyatakan sebagai pelaku seni, Sekaa Gong Setia Dharma Gita telah berperan dalam menjaga eksistensi seni budaya Bali yang menjadi penopang pariwisata Bali selama ini. 

Dukungan Sekaa Gong Setia Dharma Gita ini menurut Gusti Kompyang Oka, karena melihat dari keseriusan dan komitmen Amerta menjadikan perubahan untuk Kota Denpasar lebih baik melalui visi misi Denpasar Berseri (Bersih, Sejahtera dan Indah). 

"Lewat visi misi Denpasar Berseri, kami ingin seni budaya Bali akan lestari dan lebih bangkit lagi. Masyarakat Denpasar banyak sebagai pelaku seni," kata Gusti Kompyang Oka didampingi Kelihan Sekaa Gong Made Warnita saat simakrama paslon Amerta di Jalan Kamboja No.32 Banjar Kelandis Denpasar.

Dalam kesempatan ini, Ia juga menyampaikan perlunya tambahan dana untuk sekaa gong terutama saat mengikuti lomba, festival maupun parade. 

"Ketika akan ikut lomba, biasanya kami kekurangan anggaran. Kami mohon nantinya jika Amerta terpilih akan memberi perhatian lebih bagi pelaku seni," harapnya.

Sementara, Calon Walikota Ngurah Ambara menyatakan kekagumannya kepada Sekaa Gong Setia Dharma Gita yang sampai saat ini tetap eksis. Berbagai keluhan para pelaku seni sudah menjadi agenda prioritas program Amerta. Amerta tidak ingin semangat berkesenian di kota Denpasar ini menurun karena keterbatasan dana. 

"Amerta sudah menyiapkan program prioritas termasuk pelestarian seni budaya Bali. Karena seni budaya inilah yang menjadi taksunya Bali. Oleh karena itu mari dukung dan coblos Nomor 2 Amerta pada Pilwali Denpasar 9 Desember nanti," ungkap Ngurah Ambara.

Kepada Sekaa Gong Setia Dharma Gita, Ngurah Ambara menyampaikan program visi misi dan program unggulan Amerta dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat meliputi insentif kepada pengurus/prajuru Banjar Rp 30 juta per tahun, dana kreatifitas Sekaa Teruna Rp 25 juta per tahun, dana bantuan program PKK Rp 5 juta per tahun, bantuan kepada Dadia Rp 5 juta per tahun dan pendidikan serta kesehatan gratis untuk pekerja non formal (pemuka agama, buruh, nelayan, pedagang, petani.) santunan kelahiran 1 juta dan santunan kematian 10 juta. Program tersebut dalam upaya meringankan beban masyarakat kecil, membantu kesulitan yang dihadapi masyarakat Kota Denpasar. 

Ngurah Ambara menegaskan program yang sudah jelas realistis untuk kesejahteraan masyarakat kota Denpasar harus didukung dan program tersebut hanya bisa terlaksana jika memenangkan Paslon Amerta nomor urut 2 pada Pemilihan Walikota Denpasar.

"Terkait sumber dana pembiayaan program tersebut diperoleh dari pengimplentasian sistim Digitalisasi yang akuntabel dan transparan bisa menutup kebocoran yang akan berimbas kepada meningkatnya  Pendapatan Asli Daerah (PAD)," pungkas Ngurah Ambara.(BB).