Keren! Kumpulkan Sampah Dapat Emas di Bank Sampah Catur Ubung Lestari

  23 Juli 2020 EKONOMI Denpasar

Foto: Penyerahan bantuan dari PT Pegadaian kepada kelompok Bank Sampah Catur Ubung Lestari.? ?

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. PT Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah VII Denpasar kembali menunjukkan kepedulian dan karyanya ditengah pandemi Covid-19. Kali ini, PT Pegadaian menggandeng kelompok Bank Sampah Catur Ubung Lestari untuk bekerjasama dan sekaligus meresmikan depo penampungan sampah di jalan Pondok Indah, Ubung, Denpasar, Kamis (23/7/2020).

Kepala Departemen Gadai Area Denpasar I Ketut Suarnawa menyatakan  program yang diresmikan ini bertajuk ‘The Gade Clean & Gold’ dan menabung sampah jadi emas itu menjadi bagian dari program Pegadaian secara nasional.

"Kami punya sejumlah program yakni, bersih administrasi, bersih hati dan bersih lingkungan. Program hari ini jadi bagian dari program bersih lingkungan," kata Suarnawa.

Menurutnya, di wilayah Denpasar program itu sudah dijalankan bersama dua bank sampah. Sedangkan di wilayah Kanwil VII Denpasar ada 7 bank sampah dan secara nasional ada 70 bank sampah.

Suarnawa berharap, kerjasama yang telah terjalin itu dapat membantu masyarakat. Masyarakat hanya perlu mengumpulkan sampah daur ulang untuk bisa menabung emas.

Sementara, Ketua Bank sampah Catur Ubung Lestari Gede Sumarta menjelaskan, Bank Sampah Catur Ubung Lestari berdiri di tahun 2014 namun belum optimal. Dengan kerjasama ini ia berharap dapat memberikan motivasi untuk masyarakat.

"Kita jemput bola, dengan mendatangi dari rumah ke rumah dan timbang di tempat. Intinya kita ingin memudahkan masyarakat dalam program ini," jelas Sumarta.

Lebih jauh ia menuturkan harga sampah disesuaikan dengan material daur ulang yang ditimbang. Untuk harga per kilo berada dalam kisaran Rp 1.000 hingga Rp 3.000.

"Kalau untuk aluminium jelas harganya lebih mahal dibandingkan botol plastik," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Purwaningsih yang membidangi CSR di Kantor Wilayah VII Denpasar menyampaikan pihaknya juga memberikan bantuan kepada Bank Sampah Catur Ubung Lestari. Adapun bantuan yang diberikan meliputi, laptop, alat timbang, meja kantor, dan printer.

"Kegiatan ini masuk dalam CSR kita di Kanwil Pegadaian, dan Bank Sampah jadi program nasional dari PT Pegadaian," tutup Purwaningsih.(BB).