Kembangkan Produk Pertanian, FTP Unud Gelar PKM di Banjar Kerta Petang

  13 November 2022 PENDIDIKAN Badung

Seluruh prodi Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Udayana (Unud)berkolaborasi melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) di Banjar Kerta, Desa Petang, Badung.

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Badung. Seluruh program studi yang ada di lingkungan Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Udayana (Unud) yakni Program Studi Teknologi Pangan, Program Studi Teknologi Industri Pertanian dan Program Studi Teknik Pertanian dan Biosistem berkolaborasi melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) di Banjar Kerta, Desa Petang, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Minggu (13/11/2022) yang diikuti oleh seluruh dosen di lingkungan FTP Unud beserta beberapa perwakilan mahasiswa di masing-masing program studi.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Teknologi Pertanian, Prof. Ir. I Made Anom Sutrisna Wijaya, M.App.Sc., Ph.D., dan dihadiri oleh Wakil Dekan II, Wakil Dekan III FTP Unud, Seluruh Koordinator Program Studi di lingkungan FTP Unud. Selain itu juga dihadiri oleh Kelian Dinas Banjar Kerta Gusti Putu Arya, Ketua KWT Swadaya Putri beserta anggota.

Sebelumnya juga telah dilaksanakan pendampingan kepada KWT Swadaya Putri yaitu pendampingan pertama dilaksanakan pada 27 Oktober 2022 dan pendampingan kedua telah dilaksanakan pada 12 November 2022 dengan memberikan pelatihan dan informasi untuk anggota KWT dan masyarakat.

Pada 13 November 2022 diadakan pengabdian kepada masyarakat yang diikuti oleh anggota KWT Swadaya Putri. Perwakilan dosen dari masing-masing program studi memberikan pelatihan sesuai bidangnya.

Dosen Prodi Teknologi Pangan FTP Unud, Ni Luh Ari Yusasrini, S.TP., M.P. memberikan materi Pendampingan Pembuatan Teh Herbal Temu Putih, Dosen Prodi TIP FTP Unud, Ni Putu Suwariani, S.TP., M.Biotech, memberikan materi pendampingan optimalisasi Kemasan Jahe Merah Instan sebagai Buah Tangan Desa Wisata Petang dan Dosen Prodi TPB FTP Unud, Ida Ayu Gede Bintang Madrini, S.TP, M.Agr, Ph.D., memberikan materi Pembersihan Sampah Plastik Pada Saluran Air di Lingkungan Masyarakat Pedesaan.

Kelian Dinas Banjar Kerta, Gusti Putu Arya mengatakan, yang menjadi permasalahan dari produk yang dihasilkan oleh KWT adalah belum ada izin edar sehingga susah untuk memasarkan dan menitipkan produk pada toko-toko besar. Kalau dari kebersihan sudah dapat dipastikan bersih karena pernah dibimbing dan dicek oleh Dinas Kesehatan setempat.

Sementara itu Dekan Fakultas Teknologi Pertanian, Prof. Ir. I Made Anom Sutrisna Wijaya, M.App.Sc., Ph.D. dalam sambutannya berharap, kegiatan pengabdian dan pendampingan ini tidak hanya berhenti sampai disini.

Ia juga berharap semoga tetap terjalin komunikasi yang positif dan akan selalu mendampingi KWT Swadaya Putri sehingga nantinya bisa mendapatkan izin edar dan pengembangan produknya yang diharapkan mampu menjadi salah satu ciri khas produk dan buah tangan dari Banjar Kerta Desa Petang, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung.(BB). 

Sumber: http://www.unud.ac.id