Kelurahan Dauh Puri Deklarasikan Pengelolaan Sampah Berbasis Lingkungan

  03 Juni 2016 PERISTIWA Denpasar

Baliberkarya/ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com- Denpasar. Sebagai perwujudan peduli lingkungan dan mewariskan generasi mendatang akan lingkungan yang baik serta untuk mewujudkan Denpasar bebas sampah, Kelurahan Dauh Puri, Denpasar Barat mengumankan Deklarasi Pengelolaan Sampah Berbasis Lingkungan. Deklarasi ini di hadiri dan disaksikan langsung Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra yang sekaligus mengesahkan deklarasi ini dengan penandatanganan sepanduk Deklarasi Kebersihan, yang pada kesempatan ini didampingi Camat Denpasar Barat IB Joni Ariwibawa dan Lurah Dauh Puri IGA Made Suryani, Jumat (3/6/2016) di Pertokoan Kertawijaya, Jalan Diponogoro Denpasar.

 

“Saya sangat menghargai kerja keras masyarakat Kelurahan Dauh Puri atas keikutsertaan menjaga kebersihan lingkungannya selama ini terutama kepada Ibu Lurah, karena Kelurahan Dauh Puri sudah konsisten untuk ikut menjaga kebersihan lingkungnya sampai komitmen Deklarasi Pengelolan Sampah Berbasis Lingkungan di kumandankan disini,” ujar Rai Mantra. “Peran serta corporate social reponsibility (CSR) di dalam membantu desa/kelurahan di dalam kenbersihan sangat saya hargai, dengan terlihat hari ini ikut melaksanakan bersih-bersih dan menyumbangkan satu unit sepeda motor Moci kebersihan kepada Kelurahan Dauh Puri,” tambahnya.

 

Lurah Dauh Puri IGA Made Suryani  mengatakan, deklarasi yang dikumandangkan Kelurahan Dauh Puri meliputi pengelolaan sampah berbasis lingkungan, melakukan pemilahan, mengolah dan mengurangi penggunaan plastik serta mengkampayekan pola hidup sehat dan bersih pada masyarakat.

Sarana dan prasarana yang dimiliki Kelurahan Dauh Puri untuk pemilahan sampah sudah dilakukan oleh Bank Sampah LPM Kelurahan Dauh Puri. Pengelolaan sampah basah (organic) sudah bisa dilakukan di masing-masing rumah tangga dengan menggunakan Takakura dan Biopori. Serta untuk alat angkut sudah memiliki 3 moci, mobil pickup swakeloka dan 8 orang petugas kebersihan untuk kebersihan lingkungan jalan. (bb)