Kalahkan Rekor Sebelumnya, Tari 'Genjek Kolosal' Taman Ujung Pecahkan Rekor Dunia

  28 Oktober 2018 SOSIAL & BUDAYA Karangasem

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Karangasem. Memperingati 90 Tahun Sumpah Pemuda, Pemkab Karangasem menggelar acara Tari Genjek Kolosal di Taman Ujung, Kabupaten Karangasem, Bali, Minggu sore (28/10/2018). 
 
 
Pagelaran tari kolosal yang digagas Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri ini, memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sekaligus memecahkan rekor dunia dengan peserta dan penonton terbanyak sebanyak 18.012 orang. 
 
Piagam Penghargaan MURI Nomor 8714/X/2018, diserahkan oleh Senior Manager MURI Sri Widayati, kepada Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri, sesaat setelah pagelaran ini usai. 
 
 
"Tidak saja dicatat sebagai rekor nasional, tapi dikukuhkan sebagai rekor dunia. Ini sekaligus memecahkan rekor yang sebelumnya juga didapatkan oleh Pemkab Karangasem tahun 2017 lalu yakni Pagelaran Tari Genjek yang diikuti dan disaksikan peserta 15.426 peserta," kata Sri Widayati. 
 
 
Sementara, Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri mengatakan, tari ini melibatkan para penari dari seluruh kecamatan di 'Bumi Lahar' itu. 
 
 
"Kegiatan ini dilaksanakan bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda, karena diharapkan mampu memberikan semangat nasionalisme, kebhinekaan, dan keberagaman di Indonesia, khususnya di Kabupaten Karangasem. Selain itu, memupuk semangat kebersamaan, gotong royong menuju Karangasem yang cerdas, bersih, dan bermartabat," ucap Mas Sumatri. 
 
 
Selain tonton masyarakat Karangasem, pagelaran tari kolosal ini juga disaksikan Anggota DPR RI Dapil Bali Putu Supadma Rudana, anggota DPD RI Dapil Bali Dr Gusti Ngurah Arya Wedakarna, perwakilan Gubernur Bali, perwakilan bupati/ wali kota se-Bali, Ketua DPW Partai NasDem Provinsi Bali Ida Bagus Oka Gunastawa, dan para pejabat di Kabupaten Karangasem.(BB).