Jembrana Diguyur Hujan Lebat, Puluhan Rumah Warga Terendam Banjir

  29 November 2022 PERISTIWA Jembrana

Ket poto: salah satu wilayah di Jembrana terendam banjir

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Hujan yang mengguyur Kabupaten Jembrana pada hari Senin (28/11/2022) siang hingga malam hari menyebabkan dibeberapa rumah warga di Jembrana terendam banjir diantaranya, di Jalan Sedap Malam, Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, merendam kurang lebih 70 KK dan di Banjar Puseh, Desa Tuwed, Kecamatan Melaya, merendam kurang lebih 15 KK

Saat dikonfirmasi awak media Kepala Pelaksana BPBD Jembrana I Putu Agus Arthana Putra  mengatakan, banjir terjadi akibat hujan dengan intensitas tinggi. Banjir terjadi Senin (28/11/2022) malam.

"Dikarenakan hujan itensitas tinggi menyebabkan air got meluap dan menggenangi rumah warga. Terdapat 70 KK  yang terdampak banjir. Pada pukul 19.00 wita air setinggi pinggang orang dewasa, namun warga setempat tidak mau di evakuasi karena saat ini air sudah mulai surut," terangnya. Selasa (29/11/2022)

Sementara, lanjut Agus, banjir juga terjadi di Banjar Puseh, Desa Tuwed, Kecamatan Melaya, setidaknya ada 15 KK yang tergenang banjir. Menurut pantauan, banjir tersebut dikarenakan drainase jalan lebih tinggi dari pemukiman rumah warga.

"Itu kewenangan balai jalan, Kami BPBD secara tupoksi hanya penanganan dampak banjir. Kami tidak punya kewenangan untuk membongkar aset pihak lain. Silahkan masyarakat melaporkan ke pihak desa agar ditindaklanjuti," ujarnya.

Hal senada diutarakan oleh salah seorang warga Tuwed, Made Warta  mengatakan, memang di wilayahnya kerap menjadi langganan banjir. Ini disebabkan drainase jalan yang lebih tinggi dari pemukiman warga. Jadi airnya terbendung oleh dinding drainase.

"Kami sudah sering laporkan tapi tidak pernah ada penanganan. Harusnya kan setelah di cek dan di photo dikoordinasikan. Warga cuma minta dibuatkan lubang di beberapa titik biar airnya lancar," jelasnya. (BB)