Jelang Tampil PKB Ke-45, Walikota Jaya Negara Tinjau Pembinaan Sekaa Gong Palegongan Duta Kota Denpasar 

  23 Mei 2023 SOSIAL & BUDAYA Denpasar

Baliberkarya (Dok Humas)

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar. Menyambut pagelaran Pesta Kesenian Bali (PKB) XLV Tahun 2023 yang akan dihelat pada bulan Juni-Juli mendatang, berbagai macam kesenian disiapkan Dinas Kebudayaan Kota Denpasar. Tak terkecuali parade Kesenian Palegongan yang dibawakan oleh Sekaa Gong Palegongan Ganeswara Banjar Ujung Kelurahan Kesiman yang dalam hal ini dilaksanakan pembinaan oleh tim konsultan seni Kota Denpasar di Jaba Grya Tegeh Banjar Ujung, Desa Adat Kesiman, Senin (22/5) malam.

Turut hadir dalam pembinaan tersebut Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara didampingi Sekretaris Daerah Kota Denpasar, IB Alit Wiradana, Kadis Kebudayaan Kota Denpasar, Raka Purwantara, Camat Denpasar Timur, I Made Tirana, Bendesa Adat Kesiman, I Ketut Wisna, Lurah Kesiman, I Nyoman Nuada, Konsultan seni Kota Denpasar, serta masyarakat lainnya.

Koordinator Sekaa Gong Palegongan Ganeswara, IB Alit Indra Putra, mengatakan dalam rangka menyambut pelaksanaan PKB XLV tahun 2023 ini, sekaa Gong Palegongan Ganeswara ditujuk sebagai Duta Kota Denpasar untuk menampilkan kesenian tabuh dan tari palegongan.

Lebih lanjut dikatakannya adapun beberapa pertunjukan kesenian yang akan dibawakan Sekaa Gong Palegongan Ganeswara seperti Tabuh Petegak Cinglar, Tari Legong Bapang Durga, Tabuh Kreasi Bhawaning Jaladhi, dan Tari Legong Kreasi Aras Kembang Windhu yang menceritakan mithologi keberadaan Tukad Bindu, ujarnya.

“Kami berharap persiapan ini dapat berjalan secara lancar hingga pementasan di PKB nanti. Dan dengan dilaksanakannya pembinaan ini agar kedepannya kami dapat berbenah untuk menampilkan yang lebih maksimal saat pementasan di PKB nanti,” kata IB Alit Indra Putra.

Sementara Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara memberikan apresiasi atas semangat dan berbagai persiapan yang dilakukan oleh duta kesenian Kota Denpasar, khususnya pada Sekaa Gong Palegongan Ganeswara, Banjar Ujung, Kelurahan Kesiman, Desa Adat Kesiman. 

“Tentu kami berharap kepada Sekaa Gong Palegongan Ganeswara dan Duta Kesenian Kota Denpasar lainnya yang akan berlaga di PKB nanti agar dapat menjaga kesehatan jiwa dan rohani sehingga saat tampil nanti dapat memberikan hasil yang maksimal,” pungkas Jaya Negara. (Rls/BB)