Jaya Negara Ngeratep Pelawatan di Pura Lungatad Paang Kaja Penatih

  29 Mei 2023 SOSIAL & BUDAYA Denpasar

Baliberkarya (Dok Humas)

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar. Pengempon Pura Lungatad Paang Kaja Penatih, Kecamatan Denpasar Timur pada Senin, (29/5) menggelar upacara Ngeratep, Melaspas, Pasupati Pelawatan Ida Sesuhunan Ratu Ayu dan Ratu Ngurah.

Prosesi upacara dipuput Ida Pandita Dukuh Acarya Daksa dari Padukuhan Samiaga dan prosesi Ngeratep dilakukan Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, bersama Ketua DPRD Denpasar, I Gusti Ngurah Gede. Hadir pula dalam kesempatan tersebut, anggota DPRD Denpasar, I Katut Budha, Camat Denpasar Timur, Made Tirana, Jro Bendesa Adat Penatih, I Wayan Eka Yana, dan Jro Bendesa Adat Penatih Puri, I Gusti Ngurah Gede Marhaendra Jaya.

Walikota Jaya Negara usai mengikuti prosesi upacara dan persembahyangan bersama menyampaikan ucapan selamat dan rahayu telah dilaksanakannya upacara Ngeratep, Melaspas, Pasupati Pelawatan Ida Sesuhunan Ratu Ayu dan Ratu Ngurah Pura Lungatad, Paang Kaja Penatih. "Astungkara sudah berjalan lancar upacara Ngeratep, Melaspas, Pasupati Pelawatan Ida Sesuhunan Ratu Ayu dan Ratu Ngurah," ujar Jaya Negara.

Disamping itu Jaya Negara juga mengharapkan dengan digelarnya upacara ini diharapkan seluruh pangempon Pura Lungatad paras-paros salulunglung sabayantaka dalam balutan menyama braya.

Sementara penglingsir Pura Lungatad, I Nyoman Wita menyampaikan ucapan terima kasih kepada Walikota Denpasar yang telah hadir serta memberikan dukungan dalam pelaksanaan upacara ini. "Terima kasih bapak Walikota Denpasar serta seluruh jajaran Pemkot Denpasar yang telah hadir dan mendukung pelaksanaan upacara yang digelar kali ini," ujarnya.

Disampaikan pula, sebelum pelaksanaan upacara Ngeratep kali ini, bersama pengempon yakni Banjar Paang Tengah dan Paang Kaja telah melaksanakan upacara pengutus. Saat ini pelaksanaan Ngodak pelawatan telah usai kita laksanakan dan dilanjutkan dengan upacara Ngeratep, Melaspas, Pasupati Pelawatan Ida Sesuhunan Ratu Ayu dan Ratu Ngurah. (Rls/BB)