Implementasi Kerja Sama, PSPPI Pascasarjana Unud Sosialisasi DLKr-DLKp Pelabuhan Nusa Penida

  23 November 2023 PENDIDIKAN Denpasar

Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI) Pascasarjana Universitas Udayana (Unud) melakukan sosialisasi mengenai daerah lingkungan kerja pelabuhan (DLKr) dan daerah lingkungan kepentingan pelabuhan (DLKp) Pelabuhan Nusa Penida

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Pada Kamis, 23 November 2023 bertempat di Ruang Marga, Hotel Werdhapura, Sanur Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI) Pascasarjana Universitas Udayana (Unud) melakukan sosialisasi mengenai daerah lingkungan kerja pelabuhan (DLKr) dan daerah lingkungan kepentingan pelabuhan (DLKp) Pelabuhan Nusa Penida sesuai dengan rencana induk pelabuhan nusa penida untuk reviu zona Pelabuhan Nusa Penida dan usulan penetapan DLKr-DLKp Pelabuhan.

Kegiatan ini merupakan tahap lanjutan dari implementasi kerja sama antara PSPPI Pascasarjana Unud dengan Kantor Unit Penyelenggaraan Pelabuhan Kelas II Nusa Penida. Sosialisai DLKr-DLKp pelabuhan ini dilakukan setelah sebelumnya diadakan focus group discussion (FGD) mengenai pemetaan terumbu karang di area Pelabuhan Nusa Penida. 

Dalam sambutannya, Ni Luh Putu Eka Suyasmin, SE, MM selaku Kepala Kantor UPP Kelas II Nusa Penida mengapresiasi Tim Konsultan dari PSPPI Unud dalam memfasilitasi penyusunan dokumen Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang Laut (KKPRL). 

“Sebelumnya saya mengapresiasi dan terima kasih kepada tim konsultan dari Udayana dalam memfasilitasi penyusunan dokumen KKPRL dan kegiatan sosialisasi ini dalam rangka penetapan DLKr-DLKp Pelabuhan Nusa Penida,” ujarnya.

Dilatarbelakangi oleh Undang-undang no 17 tahun 2008 tentang Pelayaran yang menyatakan bahwa setiap pelabuhan wajib memiliki rencana induk pelabuhan yang wajib pula dilengkapi dengan DLKr-DLKp maka review dan penetapan mengenai DLKr-DLKp menjadi sangat penting untuk dilakukan. 

“Demi menjaga keamanan dan keselamatan pelayaran, maka DLKr-DLKp penting untuk ditetapkan. Selain hal itu, DLKr-DLKp ini juga sangat penting bagi penyelenggara pelabuhan guna mendapatkan kepastian hukum dalam hal penyelenggaraan pelabuhan dan pemanfaatan ruang di pelabuhan baik di sisi darat maupun di sisi perairan,” ucap Koordinator PSPPI Pascasarjana Unud, Dr. Ir. Ida Bagus Putu Adnyana, ST, MT, IPU ASEAN Eng.

Sosialisasi ini diharapkan dapat membantu Kantor UPP Kelas II Nusa Penida dalam mengkaji area lingkungan kerja maupun kepentingan pelabuhan dalam rangka pengembangan Pelabuhan Nusa Penida.(BB).

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas4013-Implementasi-Kerja-Sama-PSPPI-Lakukan-Sosialisasi-DLKr-DLKp-Pelabuhan-Nusa-Penida.html