HUT Paguyuban Pertama, Kelian Dinas dan Kaling Mendoyo Diminta Aktif Sosialisasikan Program Pemerintah

  23 April 2023 SOSIAL & BUDAYA Jembrana

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Sebagai perangkat pemerintahan terbawah, Kelian Dinas dan Kepala Lingkungan (Kaling) diminta wajib menyampaikan informasi mengenai program yang telah, sedang dan akan dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Jembrana. 

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Jembrana, I Gede Ngurah Patriana Krisna saat menghadiri HUT Paguyuban Kelian Dinas dan Kepala Lingkungan se-Kecamatan Mendoyo yang pertama di Gedung Serba Guna desa Penyaringan, Kecamatan Mendoyo, Sabtu (22/4).

Wabup Ipat mengatakan Kelian Dinas dan Kepala Lingkungan (Kaling) menjadi ujung tombak pemerintah dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat. Maka diperlukan Komitmen dan integritas bagi para Kelian Dinas dan Kaling dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

"Kelian Dinas dan Kepala Lingkungan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari pemerintahan yang memiliki wilayah kerja masing-masing dan sudah berkomitmen untuk mengabdikan diri dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," ucapnya.

Pihaknya menegaskan agar Kelian Dinas dan Kaling tidak menjaga jarak dengan warganya. Kelian Dinas dan Kaling diwajibkan dapat menyerap segala masukan dari masyarakat dalam hal memberikan layanan untuk kepentingan bersama.

"Kelian Dinas dan Kepala Lingkungan dituntut komitmennya agar bisa meningkatkan kinerja dengan selalu mendekatkan diri dengan masyarakat, sehingga mampu menangkap aspirasi kebutuhan yang diperlukan oleh masyarakat terutama dalam hal pelayanan dan program pembangunan di wilayah masing-masing," tegas Wabup Ipat.

Dalam peringatan HUT Paguyuban Kelian Dinas dan Kepala Lingkungan se-Kecamatan Mendoyo yang pertama ini, Wabup Ipat bersama dengan Ketua Paguyuban Kelian Dinas dan Kepala Lingkungan se-Kecamatan Mendoyo, I Gede Putra Yana melaksanakan pemotongan Tumpeng yang disaksikan oleh seluruh undangan yang hadir.

Tampak hadir juga Anggota DPRD Provinsi Bali IGA Diah Werdhi Srikandi Wedasteraputri Suyasa, Ketua DPRD Jembrana Ni Made Sri Sutharmi,  Kadis PMD Kabupaten Jembrana I Made Yasa dan Camat Mendoyo I Putu Shindu Yasa dan anggota DPRD Dapil Mendoyo I Gede Putu Suegardana Cita dan Ni Ketut Muliasih.

Ketua Paguyuban Kelian Dinas dan Kepala Lingkungan se-Kecamatan Mendoyo, I Gede Putra Yana menjelaskan pembentukan Paguyuban Kelian Dinas dan Kaling sebagai suatu bentuk meningkatkan silahturahmi antar kepala kewilayahan di Kecamatan Mendoyo.

"Atas dasar persaudaraan dan tali silaturahmi maka terbentuklah suatu perkumpulan suka duka yang kami sepakati menjadi paguyuban Kelian Dinas dan Kaling se-Kecamatan Mendoyo," terang Putra Yana.

Putra Yana yang juga menjabat sebagai Kelian Dinas dusun Yeh Mecebur, desa Penyaringan menambahkan bahwa pembentukan Paguyuban memiliki tujuan untuk meningkatkan konektivitas antar kepala kewilayahan.

"Tujuan dibentuknya Paguyuban ini adalah agar di internal kami sebagai kepala kewilayahan, antar satu lingkungan dengan lingkungan yang lain bisa meningkatkan tali persaudaraan sebagai upaya kita sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah untuk bisa laksanakan semaksimal mungkin dalam menyampaikan informasi atau program-program strategis pembangunan Pemerintah Kabupaten Jembrana," pungkasnya. (Rls/BB)