Rayakan HUT Kemerdekaan RI

Hotel di Kuta Ini Gelar Parade Kuliner 34 Provinsi Sepanjang 178 Meter

  16 Agustus 2016 HIBURAN Denpasar

baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar. ‎Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71, Hotel Grand Istana Rama Kuta menggelar acara unik. Hotel yang berlokasi di pinggir Pantai Kuta ini menggelar parade kuliner sepanjang 178 meter. 
 
Menurut General Manager Grand Istana Rama Hotel, Adi Soemarno bahwa acara yang dibuatnya merupakan yang terpanjang di Indonesia. 
 
"Acara ini kita beri tema Buffet Nusantara Terpanjang di Indonesia," ucap Adi, Selasa 16 Agustus 2016.
 
Adi mengungkapkan dalam kegiatan pertama kalinya ini terdapat 300 jenis hidangan yang diambil dari 34 provinsi di Indonesia dan disajikan pada hidangan terpanjang tersebut. Sementara, dipilihnya angka 178 untuk merujuk pada tanggal dan bulan kemerdekaan Indonesia. Soal harga, ia mengaku hanya mematok Rp194.500 untuk mereka yang hendak mencicipi semua hidangan tersebut.
 
"Angka ini sengaja diambil karena proklamasi Indonesia jatuh pada tanggal 17 bulan Agustus. Sementara harganya adalah Rp 194,500. Angka ini juga merujuk pada tahun proklamasi Indonesia yakni 1945. Jadi semuanya diatur bertemakan HUT Kemerdekaan RI, diambil dari berbagai menu tradisional Indonesia, karena Indonesia ini sebenarnya kaya akan kuliner yang belum terekspose dengan baik," ungkap Adi.
 
Sedangkan, dari 300 menu tersebut, jenis terbanyak diambil dari Bali mulai dari ayam betutu hingga babi guling. Selain makanan, minuman juga diambil dari berbagai daerah di Indonesia dari Sabang sampai Merauke.
 
Adi mengaku prasmanan ini akan memecahkan rekor MURI, karena belum pernah ada hidangan sepanjang 178 meter yang dihidangkan secara prasmanan dan diambil dari menu tradisional Indonesia. Upaya ini juga bagian dari promosi kuliner Indonesia yang kaya akan cita rasa. 
 
"Menu tradisional terpromosi, harganya murah, menarik banyak wisatawan. Coba dibandingkan dengan harga menu di hotel lainnya, pasti di atas Rp200 ribu," sindir Adi.
 
Hidangan sebanyak itu, sambung Adi, dipersiapkan oleh 30 orang tim yang semuanya warga lokal Bali. Dimana masing-masing stan diberikan dekorasi sesuai warna khas daerahnya masing-masing dan diberi corak tersendiri dalam menu tersebut. Sajian hidangan dikerjakan secara lengkap sesuai dengan kekhasan daerah masing-masing.(BB)