Hindari Kecurangan, Petugas Tera Ulang Mesin Pompa BBM di Jalur Mudik Jembrana

  21 Maret 2024 EKONOMI Jembrana

Ket poto: Petugas saat tera ulang bensin di salah sati SPBU di Jembrana

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Untuk memberikan pelayaan maksimal dan menghindari kecurangan saat mudik lebaran Petugas dari Unit Metrologi Legal Kabupaten Buleleng bersama Dinas Koperasi/UKM dan Perdagangan Kabupaten Jembrana melakukan tera ulang terhadap mesin pompa BBM di SPBU yang berada di jalur mudik di Kabupaten Jembrana

Kegiatan ini dilakukan secara bertahap dalam rangka menyambut arus mudik Lebaran tahun 2024. Bertujuan untuk memastikan bahwa BBM yang keluar dari mesin pompa sesuai dengan takaran sehingga tidak merugikan konsumen.

"Kegiatan tera ulang ini untuk menjaga ketertiban pengukuran alat ukur mesin pompa di SPBU," kata Komang Ayu Ratna, Kepala Unit Metrologi Legal Kabupaten Buleleng. Kamis (21/3/2024)

Walaupun lonjakan pemudik belum terasa, SPBU di jalur mudik Denpasar-Gilimanuk mengaku siap melayani pemudik. SPBU ini buka 24 jam dan akan menjaga ketersediaan stok BBM agar tidak terjadi kekosongan.

"Kita akan siaga 24 jam penuh untuk melayani masyarakat yang akan mudik," kata I Putu Suartana, Pengawas SPBU 54 822 05 Banyu Biru.

SPBU ini biasanya mendapatkan kiriman 8 ton Pertalite setiap hari. Untuk Pertamax, kiriman datang dari Depo Manggis Karangasem seminggu sekali sebanyak 8 ton. Sedangkan solar, kiriman datang dua hari sekali sebanyak 8 ton.

Guna mengantisipasi kekosongan BBM saat arus mudik, pihak SPBU akan menambah permintaan pengiriman BBM dari Depo Manggis Karangasem dari 8 ton menjadi 16 ton. (BB)