Hindari 4 Kandungan Ini di Produk Kecantikan Anda, Yuk Dibaca!

  03 Juni 2016 KESEHATAN Nasional

Ilustrasi

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Nasional. ANDA selama ini bekerja keras makan dengan baik, rajin berolahraga, dan bahkan melakukan meditasi. Namun, bisa jadi Anda tercemari oleh bahan kimia berbahaya sejak bangun tidur sampai saat melakukan aktivitas di luar. Apa penyebabnya?
 
 
Ya, produk kecantikan yang Anda pakai. Mulai dari pembersih, sampo, lipstick, dan lotions, berpotensi membahayakan kesehatan Anda. Ini bukan sesuatu yang berlebihan.
 
 
Riset yang dilakukan Environmental Working Group menunjukkan bahwa dalam sehari rata-rata wanita memakai 12 jenis produk kecantikan yang terdiri dari 168 bahan kimia, sementara pria 85 bahan kimia. Selain itu, sebanyak 12,2 juta remaja setiap harinya telah tercemar oleh bahan kimia yang dikenal dengan karsinogen dari produk kecantikan yang mereka gunakan.
 
 
Hal ini tidak akan terlalu berbahaya jika digunakan hanya sekali dua kali, namun sebagain besar orang menggunakannya berkali-kali, bahkan setiap hari, sehingga bahan kimia yang terkandung semakin berpotensial membahayakan tubuh.
 
 
Seperti yang dilansir oleh mindbodygreen.com, berikut ini bahan kimia berbahaya yang harus kita hindari pemakaiannya, antara lain:
 
 
1. Paraben
Paraben adalah sejenis bahan pengawet yang banyak digunakan untuk kosmetik, deodorant, lotion, sampo, produk bayi, dan banyak lagi. Paraben berkaitan dengan berbagai efek buruk kesehatan, yang paling mengkhawatirkan adalah meningkatknya jumlah kanker payudara seiring dengan banyak ditemukannya zat kimia tersebut di jaringan-jaringan payudara manusia.
 
Mengaplikasikan produk yang mengandung paraben ini langsung ke permukaan kulit artinya kita memberikan akses langsung zat ini terserap oleh jaringan tubuh. Jadi lebih, jauhi produk berbahan paraben.
 
 
2. Phthalates
Bahan kimia ini membantu melembutkan dan melenturkan suatu produk, karena itu banyak digunakan pada kosmetik, mainan anak, plastik, dan furnitur. Bahan ini juga dapat dijumpai di makanan seperti daging, minyak, lemak, dan susu. Kandungan ini dapat mempengaruhi kesuburan, depresi, agresi, dan menurunkan konsentrasi. Belum lagi risiko adanya asma, eksim, obesitas, diabetes dan kanker payudara.
 
 
3. Sodium Laureth Sulfate dan Ammonium Lauryl Sulfate
Sodium Laureth (or Lauryl) Sulfate (SLS), Ammonium Lauryl Sulfate (ALS) adalah bahan kimia untuk membuat sampo dan sabun wajah Anda berbusa. Namun kandungannya bisa mengiritasi kulit dan kemungkinan adanya kontaminasi dari 1,4-dioksan, etilen oksida, dan karsinogen.
 
 
4. Petroleum atau Mineral Oil
Petroleum dihasilkan dari minyak mentah yang kemudian digunakan untuk bahan kosmetiik, krim tubuh, dan minyak bayi. Perannya sebagai sealant menyulitkan kulit kita dalam mengurangi racun (belum lagi mereka juga terkait dengan gangguan endokrin, iritasi kulit, alergi, dan kanker). Tingkat pencemarannya terhadap lingkungan juga cukup tinggi setiap bahan-bahan ini diproduksi. Jauh lebih baik, hindari mulai saat ini.
 
Setelah memperoleh informasi ini, silakan cek seluruh produk kecantikan Anda. Jika ada yang mengandung salah satu dari bahan kimia di atas, lebih baik segera singkirkan dan cari produk yang lebih aman. Selamat menjalani hidup sehat! (BB/Inilah).