Harus Diperjuangkan, Supadma Rudana Sebut Keuntungan Transisi Perilaku Ekonomi Hijau Capai 26 Triliun USD

  03 November 2022 OPINI International

Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Putu Supadma Rudana (PSR) menghadiri Sidang Utama Tahunan Forum Parlemen Asia-Pasifik ke-30 (APPF) di Bangkok Thailand.

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Thailand. Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Putu Supadma Rudana (PSR) menghadiri Sidang Utama Tahunan Forum Parlemen Asia-Pasifik ke-30 (APPF) di Bangkok Thailand.

Dalam kesempatan tersebut, Putu Supadma Rudana (PSR) mengatakan saat ini dunia sedang menyaksikan efek dari perubahan iklim. Anggota DPR asal Bali ini bahkan menyebut gelombang panas, kebakaran hutan hingga kekeringan berkepanjangan diantara konsekuensi lain dari perubahan iklim.

Selain sebagai Wakil Ketua BKSAP DPR RI, Putu Supadma Rudana (PSR) yang juga Ketua Desk Kerjasama Regional BKSAP ini menguraikan jika hal ini telah menjadi salah satu pendorong utama rusak dan hilangnya keanekaragaman hayati, serta membahayakan lingkungan masyarakat.

"Mengubah perilaku ekonomi kita dari ekonomi berbasis eksploitasi menuju ekonomi hijau berkelanjutan bisa menjadi strategi yang patut diperjuangkan," kata Putu Supadma Rudana (PSR) dalam dalam keterangan diterima Baliberkarya.com, Kamis, 3 November 2022.

Putu Supadma Rudana yang juga merupakan anggota Komisi VI DPR RI menilai hal ini memberikan strategi penting untuk mengendalikan dampak perubahan iklim serta melindungi keanekaragaman hayati, dan pada saat yang sama membuka peluang bagi pengembangan sosial dan ekonomi.

Lebih jauh wakil rakyat asal Bali ini menyebut Organisasi Buruh Internasional atau International Labor Organization (ILO) memperkirakan, bahwa pendekatan ekonomi hijau dapat menghasilkan 24 juta lapangan pekerjaan baru di seluruh dunia pada 2030.

"Penelitian terkini menunjukkan bahwa transisi menuju ekonomi hijau dapat menghasilkan keuntungan ekonomi sebesar 26 triliun USD pada 2030, jauh lebih besar jika dibandingkan dengan skenario bisnis seperti biasa," sebut tokoh asal Peliatan, Ubud, Gianyar ini.

Untuk itu, Anggota DPR Fraksi Partai Demokrat ini menegaskan sebagai anggota parlemen harus berada di garis depan untuk terus mengarusutamakan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim sambil terus memastikan tidak adanya trade-off antara kepentingan ekonomi, sosial dan lingkungan.

Oleh karena itu, Putu Supadma Rudana menyebut dukungan dan kerjasama antar negara di kawasan Asia-Pasifik tentu sangat krusial. Kini diperlukan kerja sama untuk memperkuat di berbagai bidang terutama keuangan, investasi, alih teknologi dan peningkatan kapasitas untuk mempercepat transisi menuju ekonomi hijau.

"Kita semua sadar bahwa tidak ada negara yang dapat mengupayakan keanekaragaman hayati dan transisi ekonomi hijau dengan kekuatan sendiri, tanpa bantuan negara lain. Kami menyadari pentingnya pendanaan yang memadai. Oleh karena itu, berbagai skema pembiayaan seperti Green Sukuk yaitu obligasi syariah yang berkontribusi pada proyek-proyek pelestarian lingkungan telah dijalankan," tegas politisi senior yang akrab disapa PSR ini. 

Apalagi, Putu Supadma Rudana mengatakan Indonesia baru saja mengeluarkan dokumen Enhanced NDC (ENDC). Dalam dokumen tersebut, Indonesia telah meningkatkan pengurangan emisi karbon dari 29 persen menjadi 31,89 persen dengan kapasitas sendiri dan dari 41 persen menjadi 43,20 persen dengan dukungan internasional.

"Target ini selanjutnya dapat mempercepat upaya menuju pencapaian net-zero emission pada tahun 2060 atau lebih cepat," jelas Putu Supadma Rudana yang juga dikenal sebagai Ketua Umum Asosiasi Museum Indonesia (AMI) ini.

Untuk itu, Putu Supadma Rudana yang dikenal sebagai pemilik Museum Rudana Ubud ini membeberkan berbagai pengalaman beberapa progres Indonesia. Pertama, Indonesia telah berusaha mempercepat penggunaan kendaraan listrik serta penambahan pembangunan stasiun pengisian baterei kendaraan listrik.

Selain itu, Indonesia berkomitmen menerapkan Net-Sink Forestry and Other Land Uses (FOLU-Net sink) pada 2030, yaitu kondisi dimana tingkat penyerapan emisi dari sektor kehutanan dan penggunaan lahan akan sama atau lebih tinggi dari tingkat emisi yang dikeluarkan.

Indonesia, lanjut Putu Supadma Rudana  menargetkan untuk menyelesaikan uji coba B40 pada Desember 2022 yaitu berupa campuran 40 persen biodiesel berbasis minyak sawit dan 60 persen solar yang merupakan program upgrade dari B30 yang telah diterapkan di dalam negeri RI.

"Sebagai negara dengan salah satu kawasan mangrove terbesar di dunia, Indonesia telah memulai rehabilitasi hutan mangrove untuk memulihkan 600.000 hektar lahan mangrove hingga tahun 2024," pungkas Putu Supadma Rudana yang juga menjadi Chair pada Grup Sub-Regional Asia Tenggara pada pertemuan APPF ke 30 di Bangkok, Thailand.(BB).