Harga Cabe dan Tomat Kembali Melambung Tinggi di Jembrana

  08 Maret 2023 EKONOMI Jembrana

Ket poto: Salah satu pedagang di Pasar Umum Negara

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Jembrana. Seperti tahun-tahun sebelumnya, sebelum memasuki hari Bulan Ramadhan dan Hari Raya Nyepi bahan pokok di Pasar Umum Negara mengalami peningkatan secara signifikan. Kenaikan bahan pokok terutama di bahan bumbu dapur seperti harag cabe kecil sekarang seharga Rp. 70 ribu perkilo yang sebelumnya seharga Rp. 5,5 ribu sampai Rp. 60 ribu. Ironisnya kenaikan harga terjadi pada harga tomat sebelumnya seharaga Rp. 4 sampai 5 ribu rupiah perkilo sekarang melonjak menjadi Rp. 12 ribu rupiah

Salah satu pedagang bumbu dapur bernama Ni Wayan Muliada menuturkan, harga tomat sekarang naik menjadi Rp. 12 ribu rupiah yang sebelumnya seharga Rp. 4 sampai 5 ribu rupiah perkilo. “Harga cabe kecil juga meroket pak, sekarang harganya pokoknya Rp. 70 ribu perkilo yang sebelumnya seharga Rp. 5,5 ribu sampai Rp. 60 ribu,” terangnya. Rabu (8/3/2023).

Untuk cabe besar, lanjut Muliada, sekarang harganya Rp. 30 ribu jualnya Rp. 40 ribu yang sebelumnya harganya Rp. 25 ribu. Kalau bawang merah super naik juga dari harga Rp. 25 ribu sekarang naik menjadi Rp. 30 ribu. “Untuk bawang putih juga naik, kemarin dijual dengan harga Rp. 22 ribu, sekarang harganya Rp. 28 ribu itu modalnya dan dijual Rp. 30 ribu, sekarang barangnya langka,” ucapnya.

Selain itu harga minyak kemasan, imbuh Muliada, juga mengalami kenaikan dari harga Rp. 15 ribu, sekarang harganya sampai Rp. 18 ribu. “Kalau harga telor masih tidak ada kenaikan sekarang harga per butir Rp. 1.700 rupiah,” ujarnya.

Menurutnya, alasan dari distributor dengan kenaikan harga tersebut dikarenakan pasokan dari Pulau Jawa tidak ada dikarenakan adanya banjir, dan juga menjelang memasuki bulan puasa. “Dengan kenaikan harga ini saya didak berani stok barang terlalu banyak, karena sewaktu-waktu harganya berubah-ubah,” jelasnya.

Sementara pedagang beras bernama I Kade Suka mengatakan, harga berasnya naik turun, mulai dari 3 hari yang lalu beras premium sekarang harganya Rp. 12.200 perkilo sebelumnya dengan harga Rp. 11.800 rupiah perkilo, yang medium Rp. 10.700 sampai Rp. 11 ribu yang sebelumnya seharga Rp. 10.200 rupiah perkilo ini harga untuk hari ini, perubahan harga bisa terjadi sewaktu-waktu.

“Untuk harga garam besar yang sebelumnya seharga Rp. 3 ribu rupiah perkilo sekarang menjadi Rp. 6 ribu rupiah perkilo. “Menurut distributor kenaikan harga beras dikarenakan stok dari jawa terbatas lantaran adanya banjir, pasokan semua dari Jawa,” pungkasnya. (BB)