Hadiri HUT ke-11 Jamkrida Bali Mandara, Sugawa Korry Bangga Perusahaan Daerah Bidang Penjamin Kredit Berkembang Pesat

  13 Juni 2022 EKONOMI Denpasar

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. PT Jamkrida Bali Mandara merayakan HUT ke-11 dengan mengundang Wakil Ketua DPRD Bali Dr. Nyoman Sugawa Korry sebagai pemateri flash back berdiri dan berkembangnya PT Jamkrida Bali Mandara.

Sebagai penggagas dan pendiri perusahaan daerah yang bergerak dibidang penjaminan kredit untuk UMKM di bali, Direksi mengundang Dr. Nyoman Sugawa Korry yang juga Ketua DPD Partai Golkar Bali sebagai pemateri.

"Untuk pertama kali, saya hadir di Kantor Pusat PT Jamkrida Bali Mandara dijalan Surapati 8 Denpasar. Saya betul-betul merasa bangga dan berbahagia melihat perkembangan perusahaan penjaminan yang saham-saham mayoritas dipegang oleh Pemprov Bali," kata Sugawa Korry dalam keterangan tertulisnya kepada awak media Baliberkarya.com, Senin 13 Juni 2022.

Sugawa Korry mengaku pada saat awal ide dan gagasan ini disodorkan, banyak kendala dan tantangan yang dihadapi, baik dari internal DPRD maupun diluar DPRD itu sendiri. Terlebih pada saat itu pemahaman atas penting dan strategisnya perusahaan penjaminan masih sangat terbatas.

Lebih jauh tokoh asal Banyuatis Buleleng ini menjelaskan bahwa perusahaan penjaminan dari sisi return on investmen sangat tidak menarik dan syarat modal disetor dari penyertaan APBD sebesar 50 Milyard, suatu jumlah yang tidak sedikit. Terlebih lebih, Raperda inisiatif dewan pada saat itu masih belum ada, karena ketiadaan anggaran untuk kajian akademik.

"Puji syukur walaupun banyak hambatan akhirnya proses pendirian perusahaan daerah ini akhirnya terwujud, bahwa sekarang telah berkembang sangat pesat. Nilai penjaminan yang telah diberikan kepada UMKM di Bali, mencapai 20, 163 Trilyun," jelasnya.

Doktor lulusan Universitas Brawijaya Malang Jawa Timur menjabarkan UMKM ( termasuk Koperasi dan LPD ) yang telah dilayani sebesar 404.749 dan mitra kerja sejumlah 789 mitra kerja (Bank, Koperasi, LPD, Bumdes, Perusda dan lainnya). Menurut Sugawa Korry, apa yang dicapai merupakan prestasi yang sangat baik, hal ini dibuktikan dengan penilaian terakhir dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dengan penilaian sangat baik dan penghargaan sebagai perusahaan daerah terbaik secara nasional 5 kali berturut-turut.

Bagi Sugawa Korry, apa yang dicapai saat ini, bukan berarti semua jajaran harus berpuas diri, tetapi hendaknya dijadikan landasan perjuangan untuk mencapai prestasi yang lebih baik lagi. Kreatif, inovatif, kerja keras seraya tetap mengembangkan harmonisasi berdasarkan Sradha Bakti agar terus dilaksanakan.

"Kepada seluruh jajaran staf, hendaknya terus mengasah diri agar mampu adaptif sejalan perubahan lingkungan strategis," harap Sugawa Korry yang kerap disapa SGK ini.

Sementara itu, Dirut Ketut Widiana Karya dan Direktur serta Komisaris Usdek Maharipa yang ikut hadir mengatakan bahwa sengaja mengundang Sugawa Korry di ultah PT Jamkrida Bali Mandara yang ke-11 agar keluarga besar Jamkrida Bali Mandara bisa lebih memahami dan menghayati perjalanan perusahaan selama ini.(BB).