Gusti Ayu Satu-satunya Srikandi Komisioner KPU Jembrana

  05 November 2023 TOKOH Jembrana

Ket poto : Ni Gusti Ayu Putu Sudiastari

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Jembrana. Pernah menjadi petugas PPDP tahun 2018 saat Pilgub dan juga pernah menjadi KPPS. Hal tersebut sebagai acuan Gusti Ayu Putu Sudiastari yang merupakan suami I Putu Eka Aryanta yang juga Kelian Banjar Munduk Tumpeng Kelod untuk maju mendaftar sebagai anggota KPU Kabupaten Jembrana.

Hasilnya, Gusti Ayu lolos sebagai komisioner KPU di Divisi Teknis. Satu-satunya perempuan anggota KPU yang berasal Banjar Munduk Tumpeng Kelod, Desa Berangbang, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana kelahiran 25 Juni 1984 ini baru saja dilantik bersama empat komisioner lainnya.

Saat dikonfirmasi Gusti Ayu Putu Sudiastari mengatakan, dirinya termotivasi sebagai komisioner KPU lantaran pernah ikut terjun dalam kepemiluan sebagai petugas PPDP tahun 2018 saat Pilgub dan juga pernah menjadi KPPS. “Dengan pengalaman ini ingin ikut mensukseskan pemilu, kedepannya ingin menjadi penyelenggara yang lebih baik karena ini sifatnya kolektif kolegial,” terangnya.

Menurutnya tantangan pemilu tahun 2024 akan sangat berat selain calonnya bertambah dan intensitas kerja yang padat. Demikian juga harus disiplin dalam menjalankan instruksi dan perundang-undangan, apalagi tahapan pemilu telah berjalan.

 "Saat usai pelantikan di Jakarta, kami langsung ikut rakor surat suara. Setelah balik di KPU Jembrana kami juga mulai melakukan berbagai kegiatan dan tahapan Pemilu. Jadi kami dituntut untuk semangat belajar," jelasnya.

Sudiastari yang alumni SMK PGRI 2 Negara tahun 2003 dan  kini sedang kuliah di jurusan hukum Universitas Terbuka (UT) ini mengatakan berusaha maksimal melaksanakan tugas meski harus berbagi peran sebagai ibu rumah tangga.

"Putra saya satu dan saya harus pintar mengatur waktu. Disinilah tantangan sebagai perempuan dan menjalankan tugas negara. Menjalankan tugas sebagai komisoner KPU saya akan senantiasa menjaga netralitas dan integritas,” ujarnya.