Gubernur Bantu Bocah Penderita Lumpuh Otak di Payangan

  27 April 2016 PERISTIWA Gianyar

baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com- Kondisi bocah penderita Cerebral Palsy (kelumpuhan otak)  I Wayan Gaby (8) direspon serius Gubernur Bali Made Mangku Pastika yang kemudian mengutus Tim Biro Humas Setda Provinsi Bali untuk datang langsung ke kediaman bocah malang itu  di Banjar Payangandesa, Desa Melinggih Kecamatan Payangan Gianyar Rabu (27/4/2016).

I Wayan Gaby  mengalami penderitaan akibat kelumpuhan otak sejak lahir yang mengakibatkan tubuhnya semakin kurus dan lumpuh. Menurut penuturan ayah Gaby, I Wayan Hartawan (40) selama ini untuk pengobatan anaknya sudah menggunakan Jaminan Kesehatan Bali Mandara (JKBM) namun dengan penghasilannya yang pas pasan sebagai pegawai perusahaan rafting membuat dirinya mengalami kesulitan biaya untuk pemenuhan kebutuhannya sehari hari.

“Untuk biaya hidup saja kami sudah sangat pas pasan, apalagi ditambah kondisi anak yang sakit, saya berharap bantuan dari Bapak Gubernur,” tuturnya sedih. Suami dari Ni Wayan Balik Danti ini juga menuturkan bahwa untuk kesembuhan anaknya telah dilakukan terapi atas bantuan  dari Yayasan Peduli Anak Bangsa The Legong sejak 10 bulan yang lalu yang  dilakukan secara rutin setiap 1 minggu sekali. 

Ni Wayan Danti  juga menuturkan bahwasannya ia mempunyai usaha kecil-kecilan membuat jajan untuk kegiatan upacara agama namun usahanya tersebut masih terbentur permodalan sehingga ia sangat mengharapkan bantuan modal kerja untuk usahanya tersebut.

Sementara itu Kepala Dusun Desa Melinggih Kecamatan Payangan Kabupaten Gianyar  I Wayan Jigera  menambahkan, bahwa yang bersangkutan  disamping sudah memanfaatkan program Jaminan Kesehatan Bali Mandara  (JKBM), 3 tahun belakangan  ini keluarga malang itu  secara rutin mendapatkan beras raskin disamping bantuan lainnya termasuk kursi roda dari Dinas Kesehatan Kabupaten.

Senada dengan Danti Jigera berharap keluarga ini bisa memperoleh bantuan permodalan bagi pengembangan usaha Nengah Danti,  sehingga bisa bisa memperbaiki perekonomian keluraga ini. Pada kesempatan itu tim juga menyampaikan bantuan  dari Gubernur Pastika  berupa beras dan uang tunai,  serta bantuan dari  BK3S Provinsi Bali berupa sembako.(bb)