Gapura Kuno Lapangan Pecangakan Negara Roboh Setelah Diguyur Hujan Lebat, Hampir Makan Korban

  27 November 2022 PERISTIWA Jembrana

Ket poto: kondisi Gapura tempat masuk Lapangan Pecangakan setelah roboh akibat hujan lebat

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Hampir menimpa warga melintas, Gapura tempat masuk Lapangan Pecangakan setelah diguyur hujan lebat pada hari Sabtu (26/11/2022) dari sore hari, sekitar pukul 20.30 wita gapura yang dibangun puluhan tahun tersebut dikarenakan sudah rapuh akhirnya ambruk.

Salah satu pedagang saat dikonfirmasi awak media bernama Ibu Tris menuturkan, kejadian tersebut terjadi kemarin malam, dirinya mendengar suara cukup keras seperti bangunan runtuh. "Saya mengira ada yang menabrak gapura tersebut, setelah dicek ternyata gapura roboh. Suaranya keras sekali, beruntung anak-anak yang sedang nongkrong disana jauh dari gapura tersebut. Terlihat juga ada orang yang mengendarai sepeda motor lewat beruntung juga tidak ditimpa gapura,' terangnya. Minggu (27/11/2022).

Ditempat terpisah, saat dikonfirmasi awak media terkait runtuhnya gapura tersebut via telpon Kepala Disdikpora Jembrana, I Gusti Putu Anom Saputra mengatakan, kondisi gapura sebelumnya memang sudah retak termakan usia, dan saat ini akan dilakukan pembersihan terlebih dulu lantaran akses masuk lapangan tertutup serpihan gapura.

"Kita bersihkan dulu sisa reruntuhan ini, kemarin malam juga sudah di bantu Satpol PP Jembrana untuk memindahkan serpihan dari jalan, saat ini kita berencana membongkar gapura yang satunya, takutnya membahayakan," terangnya.

Menurutnya, perencanaan perbaikan akan dilakukan pada tahun anggaran 2023 mendatang berbarengan dengan penataan Pura Ulun Pecangakan. "Karena jika dikerjakan tahun ini sudah mepet waktunya, kita anggarkan di tahun 2023, sekalian juga dengan gapura pintu keluar di sebelah utara yang keadaannya serupa," pungkasnya. (BB)