Gagal Jadi Kapolri, Budi Gunawan Diprediksi Masuk Kabinet Kerja

  18 Juni 2016 TOKOH Nasional

inilah

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Nasional. Politikus Partai Golkar Indra Bambang Utoyo menilai, selain bisa menjabat Kepala BIN, Wakapolri Komjen Budi Gunawan (BG) juga bisa ditarik masuk dalam Kabinet Kerja.
 
"Bila Tito (Karnavian) jadi Kapolri, dan BG tetap wakapolri tentu ada yang kurang enak bisa terjadi. Karena BG yang ingin diajukan sebagai Kapolri oleh PDIP. Jadi, memang lebih baik BG ditempat lain, ya bisa BIN atau Menteri," katanya.
 
Ia bahkan menyebut Komjen BG bisa menduduki posisi Ignasius Jonan sebagai Menteri Perhubungan. Atau paling tidak posisi menteri yang tidak terlalu jauh dengan latar belakanganya sebagai perwira kepolisian.
 
"Menteri ya bisa di Perhubungan atau PAN (Pendayagunaan Aparatur Negara). Sepertinya itu yang tidak terlalu jauh hubungannya dengan tugas kepolisian," ulasnya.
 
Diberitakan sebelumnya, Rabu (15/6/2016) Presiden Jokowi telah menyerahkan nama Komjen Tito Karnavian sebagai calon tunggal Kapolri ke DPR. Kepala BNPT ini diajukan Presiden Jokowi untuk menggantikan Kapolri Jenderal Badrodin Haiti karena memasuki masa pensiun.
 
Spekulasi berkembang, ini dianggap sebagai signal akan digulirkannya reshuffle Kabinet Kerja Jilid II. Dalam konteks ini, wacana Wakapolri Komjen Budi Gunawan (BG) untuk menggantikan posisi Sutiyoso sebagai Kepala Badan Intelejen Nasional (BIN) pun menguat. (BB/inilah).