FKH Unud dan Dinas Pertanian Kota Denpasar Periksa Kesehatan Hewan Qurban

  12 Juli 2022 KESEHATAN Denpasar

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana (FKH Unud) bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kota Denpasar untuk bekerja sama dalam Kegiatan Pemeriksaan Ante-Post Mortem Idul Qurban yang dimulai pada tanggal 08 -11 Juli 2022.

Kegiatan pemeriksaan Ante-Post Mortem Qurban ini bertujuan untuk membantu umat muslim dalam memeriksa kesehatan daging qurban yang akan dikonsumsi nantinya.

“Kami juga sudah menyiapkan lokasi dari masjid-masjid yang mengadakan hari raya Idul Adha atau qurban,” ungkap Drh. Ida Ayu Made Sri Martini saat menghadiri kegiatan pembekalan.

Bahkan demi memperlancar kegiatan pemeriksaan ini, para dokter hewan dinas pun turut akan bergabung menemani para mahasiswa/i FKH Unud. Selang beberapa hari setelah kegiatan pembekalan, Dinas Pertanian Kota Denpasar pun membagi seluruh mahasiswa/i FKH Unud yang turut serta ke seluruh masjid ataupun wilayah yang merayakan hari raya qurban.

Secara serentak, seluruh mahasiswa/i FKH Unud melakukan survei lokasi dan kegiatan pemeriksaan Ante Mortem pada Jumat (08/07/2022) lalu. Sangat disayangkan ternyata tidak semua masjid yang terdata melakukan penyembelihan hewan qurban.

Namun, hal tersebut tidak membuat para mahasiswa/i patah semangat, mereka tetap turut serta dengan membantu temannya di wilayah yang melakukan penyembelihan. “Ini pengalaman pertamaku turun lapangan dan ternyata ilmu yang didapatkan langsung nempel di kepala,” ungkap Sri Werdi Astuti yang menceritakan kisahnya ketika melakukan pemeriksaan Post-Mortem pada Minggu (10/07/2022).

Kegiatan Pemeriksaan Post-Mortem pun terus berlanjut hingga Senin (11/07/2022), informasi ini didapatkan dari para mahasiswa/i yang melaporkan perkembangan wilayah qurban mereka melalui grup WhatsApp yang ada. 

Untuk mengapresiasi para mahasiswa/i yang ikut serta, pihak fakultas pun memberikan satuan kredit poin (SKP). Apresiasi tidak hanya diberikan oleh pihak fakultas saja. Menurut, Kamaliyah Alawiyah Yahya para warga pun sangat antusias menyambut dokter hewan ataupun calon dokter hewan yang turut membantu.

Seperti yang diharapkan oleh berbagai pihak, Kegiatan pemeriksaan Ante-Post Mortem Qurban tahun ini berjalan dengan baik dan khidmat. Antara panitia penyelenggara dengan saudara-saudara antar umat beragama saling bekerjasama, sehingga tercipta sebuah kedamaian. Hasil qurban yang didapatkan pun dipastikan sehat dan aman untuk dikonsumsi.(BB). 

Sumber: http://www.unud.ac.id