Fakultas Pertanian Unud Gelar Kompetisi Kreativitas Mahasiswa, Berikut 3 Tim dengan Nilai Akumulasi Tertinggi

  27 Mei 2023 PENDIDIKAN Badung

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Udayana kembali mengadakan Kompetisi Program Kreativitas Mahasiswa tingkat Universitas tahun 2023. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu, 27 Mei 2023.

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Badung. Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Udayana kembali mengadakan Kompetisi Program Kreativitas Mahasiswa tingkat Universitas tahun 2023. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari sabtu, 27 mei 2023 yang bertempat di Ruang Kuliah 1, Lantai 3, Gedung BA Fakultas Pertanian, Kampus Bukit Jimbaran, Badung. 

Kompetisi PKM tahun 2023 mengambil tema “Memantik Semangat Berpikir Kritis dan Kreatif Mahasiswa Melalui Kompetisi PKM Demi Mengukir Cita Menuju PIMNAS” tema ini diambil dengan harapan para peserta dari Fakultas Pertanian dapat membuat suatu karya PKM yang nantinya dapat lolos menjadi juara PIMNAS.

Kompetisi PKM tahun 2023 diikuti oleh 9 tim peserta yang berawal dengan mengikuti tahap seleksi administrasi, kemudian dilanjutkan menjadi finalis. Sembilan tim finalis ini, telah menyusun PKM dengan menuangkan ide-ide kreatif dari masing-masing tim yang telah dipresentasikan pada final tanggal 27 mei 2023. 

Dari PKM yang telah dikumpulkan, terdapat 6 skem PKM yang disusun oleh seluruh finalis, diantaranya PKM-K, PKM-PM, PKM-KI, PKM- VGK, PKM-GFT, dan PKM-RSH. Kegiatan KPKM dihadiri oleh Dekan Fakultas Pertanian, Wakil Dekan 2 dan Wakil Dekan 3 Fakultas Pertanian, Universitas Udayana, Koordinator Prodi Arsitektur Lanskap, serta organisasi kemahasiswaan yang ada di lingkungan Fakultas Pertanian. 

Acara diawali dengan pembukaan yaitu doa, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Civitas Fakultas Pertanian, laporan ketua panitia oleh Ni Kadek Mira Cahyani, dilanjutkan dengan sambutan BEM FP oleh I Wayan Dharma Wiguna, dan terakhir dilanjutkan dengan sambutan dekan Fakultas Pertanian sekaligus membuka acara oleh Prof. Dr. I Nyoman Gede Ustriyana, MM., selaku dekan Fakultas Pertanian Universitas Udayana. 

Dekan FP berharap melalui kegiatan ini dapat meloloskan karya PKM menuju PIMNAS seperti beberapa tahun lalu, dimana kontigen FP melalui Universitas Udayana berhasil lolos sebagai juara di PIMNAS. Selain itu apresiasi juga diberikan oleh Dekan FP kepada seluruh peserta dan panitia yang telah menyiapkan rangkaian acara hingga dapat terlaksana pada hari H.

Setelah dilaksanakan pembukaan dilanjutkan dengan presentasi ke 9 tim finalis yang dinilai oleh 3 dewan juri yaitu Putu Udayani Wijayanti, S.P.,M.Agb., Ida Ayu Listia Dewi, S.P.,M.Agb., dan Bima Kumara Dwi Atmaja, S.H.,M.H. Penilaian dilakukan dengan menilai dari aspek proposal dan juga aspek presentasi finalis. 

Presentasi dilakukan secara hybrid oleh kesembilan tim dengan waktu presentasi yaitu 10 menit dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab selama 12 menit. Seluruh tim mempresentasikan PKM yang telah disusun dengan menggunakan powerpoint dari proposal yang telah disusun.

Berdasarkan hasil presentasi dan proposal yang telah disusun oleh setiap tim dan dilakukan penilaian oleh dewan juri, maka hasil perolehan juara PKM tahun 2023 dimenangkan oleh 3 tim dengan nilai akumulasi tertinggi. Juara 1 diraih oleh no undi 7 dengan nama ketua I Made Andipa Yuda Mredangga bersama 4 anggotanya, dengan jenis PKM yaitu PKM-PM yang berjudul “SASARUNG : Pemberdayaan dalam Pemanfaatan Limbah Kelapa Menjadi Barang Tepat Guna Lingkungan dan Peningkatan Kesejahteraan Ibu PKK di Desa Gadungan, Tabanan” dengan total point sebanyak 1789. 

Juara 2 diraih oleh tim dengan nomor undi 6 yang diketuai oleh Audry Haniyah Destiana bersama 4 anggota lainnya, dengan jenis PKM yaitu PKM-VGK yang berjudul “Konsep Desain Ekoriparian Tri Hita Karana pada Bantaran Sungai Ayung sebagai Solusi Menanggulangi Pencemaran Air Guna Mewujudkan SDGs” dengan total nilai 1703. 

Dan Juara 3 diraih oleh tim dengan nomor undi 8 yang diketuai oleh Ricy Wahyu Romadhoni bersama 4 anggota lainnya, dengan jenis PKM yaitu PKM-K yang berjudul “GOTASU Inovasi Pakan Memanfaatkan Limbah Upakara Melalui BSF (Black Soldier Fly) Guna Meningkatkan Nutrisi Anjing” dengan nilai 1638. 

Ketiga tim yang memperoleh juara, mendapatkan hadiah berupa plakat, sertifikat, dan uang pembinaan. Hadiah dan uang pembinaan diserahkan oleh dewan juri dan wakil dekan 2 Fakultas Pertanian. Bima Kumara Dwi Atmaja, S.H.,M.H mewakili juri dalam closing statement mengatakan “Dalam menyusun Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) sangat penting untuk memperhatikan pedoman masing-masing bidang PKM, karena itu merupakan kitab utama dalam membuat karya yang baik dan benar. 

Kreativitas dan Inovasi juga sangat diperlukan dalam hal ini, karya yang original juga menjadi pertimbangan penting dalam upaya maju menjadi peserta PIMNAS nantinya”. Setelah closing statement acara dilanjutkan dengan penutupan KPKM oleh Wakil Dekan II FP yang dilakukan secara simbolis dengan mengetuk mic sebanyak 3 kali dan dilakukan proses foto bersama oleh juri, undangan, peserta, juara dan panitia.(BB).

Sumber: https://www.unud.ac.id