Duta Besar India Beri Kuliah Umum, ITB STIKOM Bali Menuju Perguruan Tinggi Kelas Dunia

  03 Februari 2023 PENDIDIKAN Denpasar

Foto: Duta Besar India untuk Indonesia dan Timor Leste, HE. Mr. Manoj Kumar Bharti jadi pembicara dalam stadium generale atau kuliah umum ITB STIKOM Bali, digelar di Aula kampus setempat pada Jumat sore (3/2/2023).

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Perguruan tinggi dengan tagline Always The First, ITB STIKOM Bali kembali bikin gebrakan untuk meningkatkan wawasan global para mahasiswa dan dosennya. Kali ini, ITB STIKOM Bali menggelar stadium generale atau kuliah umum dengan menghadirkan Duta Besar India untuk Indonesia dan Timor Leste, HE. Mr. Manoj Kumar Bharti, yang digelar di Aula kampus setempat pada Jumat sore (3/2/2023). 

Wakil Rektor III, I Made Sarjana, SE.,MM., menyatakan kuliah umum yang mengangkat topik “India and Indonesia at G20” dengan menghadirkan Duta Besar India untuk Indonesia dan Timor Leste, HE. Mr. Manoj Kumar Bharti dilaksanakan sebagai bagian dari ITB STIKOM Bali menuju perguruan tinggi kelas dunia. 

"Kuliah umum ini mengajak para mahasiswa dan dosen meningkatkan wawasan untuk peduli dan mengetahui isu-isu global, utamanya pasca keberhasilan dalam pelaksanaan Presidensi G20 di Bali," kata Made Sarjana. 

Lebih jauh Made Sarjana menegaskan kuliah umum ini terinspirasi dari Vasudewa Kutumbakam yakni kita adalah bersaudara dan hal ini yang akan dikedepankan di G20 India. Bagi India, masyarakat dunia adalah satu keluarga yakni satu bumi, satu keluarga dan satu masa depan. 

"Kita ingin agar para mahasiswa kita tidak hanya berputar di bidang teknologi digital saja. Mereka harus peduli dengan masalah isu global, isu-isi dunia,” tegas Made Sarjana.

Selain itu, Made Sarjana mengaku pihaknya menyiapkan para mahasiswa ITB STIKOM Bali sebagai kader generasi bangsa untuk masa depan sebagai calon-calon pemimpin harus mengetahui dengan baik apa saja permasalahan dunia saat ini dan perkembangan global yang akan dihadapi serta menjadi tantangan bersama. 

"Kegiatan ini juga akan menjadi langkah awal untuk menjalin kolaborasi dan kerja sama dengan kampus-kampus ternama di India," sebut Made Sarjana seraya menyebutpihaknya menghadirkan langsung Duta Besar India untuk Indonesia dan Timor Leste, HE. MR. Manoj Kumar Bharti, mengingat pelaksanaan G20 mendatang memposisikan India sebagai tuan rumah pelaksanaan. 

Sementara, Duta Besar India untuk Indonesia dan Timor Leste, HE. Mr. Manoj Kumar Bharti dalam paparannya menyampaikan sangat mengapresiasi keberhasilan G20 di Bali yang mengangkat semangat Recover Toghether, Recover Stronger untuk terlepas dari pandemi Covid-19 yang melanda dunia.

Baca juga:
Optimis Raup 504 Calon Siswa Baru, Murjana Harap PPDB SMK TI Bali Global Denpasar Tak Diwarnai Kecurangan

Pelaksanaan Presidensi G20 di India nantinya akan mengangkat semangat One Earth, One Family, One Future. Menurutnya, sebagai bangsa yang besar berbagai isu dan masalah global tidak akan bisa diselesaikan dengan baik bila tidak diawali dengan diskusi dalam penyelesaian permasalahan secara bersama-sama. 

“The based massage is what we all need to come togheter to discuss and find solutions,” ucapnya.(BB).