Dukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional, Rai Wirajaya dan OJK serta JIWATERA Gelar Penyuluhan Jasa Keuangan Edukasi Masyarakat

  26 Maret 2022 EKONOMI Gianyar

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Gianyar. Anggota Komisi XI DPR RI yang membidangi Keuangan, Perencanaan Pembangunan dan Perbankan, I Gusti Agung Rai Wirajaya (ARW) untuk kesekian kalinya kembali bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Jaringan Relawan Tatanan Era Baru (JIWATERA) untuk melaksanakan kegiatan Penyuluhan Jasa Keuangan Edukasi Masyarakat Door To Door “Pertumbuhan Ekonomi Nasional” di Kabupaten Gianyar, Bali, Sabtu 26 Maret 2022.

Seperti biasanya, sebelum petugas lapangan melaksanakan kegiatan penyuluhan secara "door to door" terlebih dahulu dilaksanakan acara pembekalan dan seremonial yang langsung diberikan oleh Anggota Komisi XI DPR RI I Gusti Agung Rai Wirajaya di Jero Taman Prenem Desa Adat Peguyangan, Denpasar Utara.

Dalam kesempatan ini, Agung Rai Wirajaya mengucapkan sangat berterima kasih kepada mitra kerjanya yakni Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang tidak henti-hentinya sejak tahun 2020 hingga tahun 2022 selalu berperan aktif dalam mengedukasi masyarakat dan sekaligus membantu meringankan beban masyarakat dalam masa pandemi covid 19 ini khususnya di Provinsi Bali.

"Saya berharap kegiatan ini dapat memotivasi masyarakat dan selalu mengingatkan untuk menerapkan protokol kesehatan agar pandemi segera berakhir dan ekonomi masyarakat khususnya di Provinsi Bali dapat segera pulih," ucap Agung Rai Wirajaya didampingi Koordinator Tim ARW Ketut Astawa bersama para pengurus JIWATERA.

Menurut Agung Rai Wirajaya, berbagai kebijakan stimulus OJK juga telah mampu menggerakkan perekonomian dan diharapkan kondisi ekonomi segera membaik walau pandemi belum berakhir. Agung Rai Wirajaya optimis ekonomi Indonesia dan Bali khususnya dapat bangkit dan pulih seiring dengan kembalinya dimulai event event internasional dan wisatawan domestic dan macanegara mulai bergeliat kembali.

"Saya berharap usaha pemerintah dalam rangka pemulihan ekonomi ini dapat didukung oleh semua pihak agar nantinya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi national," harapnya.

Dengan kegiatan "door to door" ini disamping petugas menjelaskan peranan OJK, juga berkesempatan memberikan stimulus kepada masyarakat terdampak covid-19 sehingga dapat meringankan beban masyarakat dan dapat bertahan dalam situasi sulit  pandemi covid-19 saat ini.

Rai Wirajaya yang juga Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Dapil Bali ini menyatakan kegiatan edukasi ini dimaksudkan untuk menjelaskan kebijakan OJK terkait Kebijakan Stimulus OJK dalam menghadapi Covid-19 dalam bentuk pemberian pamflet kebijakan OJK. Selain itu, hal ini untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap Kebijakan Stimulus OJK dalam menghadapi Covid-19 serta menjaga kestabilan ekonomi masyarakat menengah ke bawah.

"Kami ingin masyarakat paham tentang keberadaan, tugas dan fungsi OJK. Sebab berbagai kebijakan OJK ini juga sangat membantu meringankan beban masyarakat khususnya pelaku usaha di tengah pandemi Covid-19," terang Politisi PDI Perjuangan asal Peguyangan Denpasar ini.

Lebih jauh politisi senior PDI Perjuangan ini menegaskan bahwa Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah lembaga Negara yang dibentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 21 Tahun 2011. OJK berfungsi menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan baik di sektor perbankan, pasar modal, dan sektor jasa keuangan non-bank seperti Asuransi, Dana Pensiun, Lembaga Pembiayaan, dan Lembaga Jasa Keuangan lainnya.

Tokoh yang dikenal santun dan bersahaja ini memandang di tengah pandemi Covid-19 peran OJK sangat besar menjaga stabilitas ekonomi. "Salah satunya melalui kebijakan restrukturisasi kredit untuk meringankan beban pelaku usaha seperti UMKM yang mempunyai kredit di perbankan. Restrukturisasi kredit sudah berjalan cukup bagus," jelasnya. 

Selain bantuan sembako, Rai Wirajaya juga mengatakan sampai saat ini masyarakat masih sangat memerlukan stimulus untuk meringankan beban ekonomi mereka ditengah ketidakpastian berakhirnya pandemi covid-19 yang sudah berlangsung setahun lebih.

Dalam kegiatan Penyuluhan Jasa Keuangan Edukasi Masyarakat "door to door" ini juga dibarengi dengan penyaluran bantuan sembako yang menyasar sebanyak 550 orang terdampak pandemi Covid-19 tersebar di Kota Denpasar yang dikunjungi oleh petugas penyuluh lapangan dengan sejumlah kualifikasi meliputi masyarakat menengah ke bawah, petani dengan skala menengah ke bawah, buruh harian, pekerja serabutan sopir ojek dan lainnya.

"Kami terus bergerak membantu masyarakat untuk tetap semangat melawan Covid-19, jangan patah semangat karena pandemi ini belum berakhir," ungkap Rai Wirajaya dengan penuh optimis.

Dalam kesempatan ini juga, Rai Wirajaya mengajak masyarakat agar tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 seperti memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan meskipun saat ini sejumlah kalangan masyarakat sudah divaksin bahkan sudah vaksin ketiga yaitu booster.

"Ikuti anjuran dan aturan pemerintah walaupun ada beberapa kalangan masyarakat sudah ada yang divaksin," harap Rai Wirajaya mengingatkan.(BB).