DPD LPM Kabupaten Bangli Dilantik, Diharapkan Harus Memiliki Tujuan Yang Jelas

  23 Februari 2023 SOSIAL & BUDAYA Bangli

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Bangli. Pelantikan Pengurus DPD LPM ( Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) Kabupaten Bangli Periode 2023-2028 berjalan dengan lancar. Acara dilaksanakan di Ruang Rapat Krisna Setda Kabupaten Bangli. Sebelum melaksanakan pelantikan,DPD  LPM Kabupaten Bangli terlebih dahulu melaksanakan Musyawarah Daerah pada 6 Februari lalu bertempat di Kantor Dinas PMD Kabupaten Bangli. Dalam Musda  DPD LPM Kabupaten Bangli, terpilih sebagai Ketua DPD LPM Kabupaten Bangli Periode 2023-2028  yakni I Wayan Merta Suteja. Pria asal Desa Kayubihi tersebut juga merupakan  anggota DPRD Kabupaten Bangli.

Pelantikan yang berlangsung pada Rabu (22/2/2023) tersebut dihadiri oleh  Bupati Bangli yang diwakili oleh Plt. Asisten l Sekda Kab. Bangli I Made Ari Pulasari, Ketua DPD LPM Provinsi Bali, I Wayan Muka, Wakil Ketua DPRD Bangli, I Nyoman Budiada, Kepala Dinas PMD, Agung Purnama, Pimpinan OPD terkait dilingkungan Pemkab Bangli, Ketua LPM Desa se Kabupaten Bangli, serta undangan lainnya.

Ketua DPD LPM Provinsi Bali, I Wayan Muka, dalam sambutannya menyampaikan dengan dilantiknya kepengurusan DPD LPM Kabupaten Bangli yang baru, diharapkan LPM dapat membantu masyarakat  secara partisipasif dalam kegiatan pemerintahan serta selalu bersinergi dan melakukan komunikasi yang baik, dari tingkat desa/ kelurahan, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi, serta ke tingkat pusat, sesuai dengan ketentuan AD ART yang berlaku. "LPM juga harus menyusun kegiatan yang jelas, agar lembaga ini memiliki tujuan yang jelas dalam pengabdian terhadap masyarakat," Imbuhnya.

Bupati Bangli dalam sambutannya yang disampaikan oleh Plt.Asisten l Sekda Kab.Bangli I Made Ari Pulasari menyampaikan, dibentuknya LPM ini tentu memiliki tujuan yang sangat mulia. Sebagai Lembaga yang bergerak dalam bidang Pemberdayaan Masyarakat, LPM memiliki ruang yang sangat luas untuk dapat melakukan kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat. Untuk itu LPM harus mampu menempatkan dirinya sebagai mitra strategis  di luar Pemerintah yang bergerak membantu pemerintah dalam meningkatkan peran serta masyarakat dalam mendukung dan mendorong kemajuan di Kabupaten Bangli.

"Bangli tidak boleh tertinggal dari daerah lain, kita harus punya komitmen yang kuat dan bekerja keras untuk mewujudkannya. Cita – cita tidak hanya dalam tataran diskusi saja, tetapi harus ada wujud nyata dan pergerakan untuk mewujudkannya," jelasnya

Di akhir sambutan Bupati Sedana Arta memberikan ucapan selamat kepada semua Pengurus DPD LPM Kabupaten Bangli Periode 2023-2028,  semoga dapat bekerja dengan baik dalam mengabdikan dirinya di Bumi Bukti Mukti Bakti. Di Awal Kepengurusan ini Bupati Bangli mengingatkan pentingnya sebuah kordinasi dan komunikasi yang harus dibangun di internal lembaga ini, agar tumbuh kesamaan visi dan misi diantara pengurus.

"Hingga akhirnya sama-sama bisa memperkuat lembaga untuk mencapai tujuan Bersama. Musda DPD LPM telah jelas memberikan mandat dan kepercayaan kepada pengurus LPM sebagai roda penggerak lembaga ini. Maka dari itu mari jaga kepercayaan tersebut dengan bekerja sepenuh hati untuk Lembaga dan juga untuk Bangli tercinta," pungkasnya. (Rls/BB)