Disertasi Ergo Learning Turunkan Stress dan Tingkatkan Kualitas Kesehatan, Luh Gede Astuti Raih Doktor Ilmu Kedokteran Unud

  21 Juli 2022 EKONOMI Denpasar

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Bertempat Ergo-Learning Turunkan Stress Akademik dan Tingkatkan Kualitas Kesehatan Mahasiswadi ruang sidang Lt III, Gedung Pascasarjana, Denpasar, telah berlangsung ujian Promosi Doktor dengan kandidat promovenda Dra. Luh Gede Astuti, M.Kom yang mengangkat judul disertasi “Ergo-Learning pada Pembelajaran Pemrograman Sistem Pakar Meningkatkan Kualitas, Hasil Belajar dan Usability Produk yang Dihasilkan Mahasiswa di Jurusan Ilmu Komputer Universitas Udayana”, Kamis (21/07/2022).

Dalam disertasinya promovenda menjelaskan pembelajaran pemrograman sistem pakar hasil belajar perlu di tingkatkan untuk menghadapi persaingan global di dunia kerja. Ada tiga beban kognitif yang wajib diterima oleh pelajar (mahasiswa).

Tiga beban kognitif tersebut adalah beban intrinsik, ekstrinsik dan konstruktif, dimana beban instriksik dalam pemrogramana cukup tinggi. Dalam mengurangi beban kognitif intrinsik pembelajaran pemrograman sistem pakar menggunakan metode konvensional dimana mahasiswa mengetik coding dari suatu aplikasi sistem pakar sederhana. 

Dari mengetik ulang coding mahasiswa diharapkan dapat menganalisis coding, dan memahami alur dari aplikasi. Pada model pembelajaran ini terdapat masalah pada bidang kesehatan dengan indikator keluhan kelelahan, kebosanan dan stress akademik yang berdampak pada penurunan hasil belajar.

Hasil belajar yang kurang optimal berakibat juga luaran dari pembelajaran sistem pakar yaitu produk aplikasi sistem pakar. Pada pembelajaran konvensional terdapat masalah yaitu produksi tepat waktu dilakukan dalam kondisi pembelajaran yang kurang optimal.

Hal ini berdampak pada aplikasi sistem pakar dengan nilai Usability kurang optimal. Oleh karena itu diperlukan berbagai upaya untuk menciptakan desain model pembelajaran pemrograman mahasiswa yang optimal.

Setiap upaya perbaikan proses pembelajaran hendaknya dilengkapi dengan kajian dari berbagai aspek. Perbaikan proses pembelajaran telah dilakukan oleh berbagai penelitian tetapi pembahasan dan analisis masih berdasarkan satu aspek saja sehingga sering muncul masalah baru.

Pendekatan Ergonomi Total (PET) merupakan salah satu model pendekatan ergonomi yang mampu menciptakan kondisi pembelajaran yang manusiawi, kompetitif dan lestari. PET bertujuan untuk mencegah timbulnya masalah baru karena masalah dianalisis secara komprehensif dan merupakan hasil kesepakatan bersama.

Adapun proses penerapan PET dalam upaya perbaikian langkah pertama adalah lokakarya,dan ceramah. Subjek penelitian mahasiswa yang mengambil mata kuliah pengantar kecerdasan buatan, mahasiswa yang telah mendapatkan mata kuliah sistem pakar, mitra bestari lain hadir seluruhnya.

Dalam lokakarya disepakati bahwa akan dilakukan perbaikan dengan menambahkan pemrograman sistem pakar sederhana pada modul aplikasi sistem pakar, diidentifikasi 33 masalah, prioritas masalah yang urgent, important dan essential, rencana kerja 12 buah dan rencana aksi yang urgent 5 buah. 

Oleh karena itu perbaikan proses pembelajaran dengan PET diprioritaskan pada pengurangan beban kognitif dan fisiologis mahasiswa yang diintegrasikan kedalam satu intervensi yang diberi nama Ergo-Learning. Setelah Tercipta Ergo-learning selanjutnya dilaksanakan penelitian dengan cara eksperimen menggunakan rancangan penelitian Randomized Pre Test-Post Test Control Group Design.

Ujian dipimpin oleh Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Dr. dr. Komang Januartha Putra Pinatih, M.Kes. dengan tim penguji : 1. Prof. Dr. dr. I Putu Gede Adiatmika, M. Kes (Promotor), 2. Prof. Dr. dr. I Nyoman Adiputra, M.OH., PFK (Kopromotor I), 3. Prof. dr. Ketut Tirtayasa, MS., AIF (Kopromotor II), 4. Prof. Dr. dr. J . Alex Pangkahila, M. Sc., Sp. And (KSAAM)! 5. Prof. Dr. Drs. I Made Sutajaya, M.Kes., 6. Dr. Ir. Ida Bagus Alit Swamardika, M.Erg., 7. Dr. dr. Susy Purnawati, M.KK?, 8. Dr. dr. Luh Putu Ratna Sundari, S. Ked., M.Biomed.

Pada ujian kali ini Dr. Dra. Luh Gede Astuti, M.Kom dinyatakan lulus sebagai Doktor Lulusan ke- 351 Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Udayana dengan predikat SANGAT MEMUASKAN.(BB). 

Sumber: http://www.unud.ac.id