Disambangi Mendag Muhammad Lutfi, Pasar Badung Dirancang Jadi Percontohan SOP Pedulilindungi di Pasar Rakyat

  25 September 2021 PERISTIWA Denpasar

Ket foto : Walikota Denpasar, Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Artha Ardhana Sukawati dan Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Artha saat mendampingi kunjungan kerja Menteri Perdagangan RI, Muhammad Lutfi di Wilayah Kota Denpasar pada Sabtu (25/9).

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar. Menteri Perdagangan RI, Muhammad Lutfi melaksanakan kunjungan kerja di Wilayah Kota Denpasar pada Sabtu (25/9). Dua lokasi menjadi sasaran kunjungan kerja, yakni Pasar Badung Kota Denpasar dan Supermarket Tiara Dewata. 

Kedatangan Menteri Perdagangan RI, Muhammad Lutfi disambut Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Artha Ardhana Sukawati bersama Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Artha dan Direktur Utama Perumda Pasar Sewakadarma Kota Denpasar, IB Kompyang Wiranata. 

Dalam kesempatan tersebut, Mendag Muhammad Lutfi yang juga didampingi Dirjen Perdagangan Dalam Negeri, Syailendra berkesempatan meninjau langsung operasional pasar dan supermarket dengan penerapan protokol kesehatan covid-19 di Pasar Badung dan Supermarket Tiara Dewata. Tak lupa, Mendag Muhammad Lutfi untuk berbelanja sekaligus mengecek Tera Ulang di Pasar Badung Kota Denpasar. 

Menteri Perdagangan RI, Muhammad Lutfi mengatakan, kunjungan kerja kali ini dikhususkan untuk meninjau Pasar Badung. Dimana, terdapat beberapa aspek yang  ditinjau, mulai dari vaksinasi untuk pedagang dan pengelola pasar, stabilitas harga dan daya beli masyarakat. 

"Tadi sudah kita lihat, dari kesiapan ini kita akan mencoba menerapkan SOP Pedulilindungi di Pasar Badung bersama 14 pasar rakyat lainya di Indonesia guna mewujudkan kenyamanan penjual dan pembeli di masa pandemi, sehingga secara berkelanjutan kita bisa hidup berdampingan dengan Covid-19. Hal ini lantaran pandemi masih belum visa diprediksi kapan usai," ujarnya

Muhammad Lutfi mengatakan, saat ini  pihaknya berusaha agar Bali ini segera dibuka untuk Internasional. Sehingga diharapkan kunjungan kembali ramai dan kegiatan ekonomi dapat berjalan. Karenanya, penerapan SOP Pedulilindungi sangat penting di Pasar Rakyat. 

Berkenaan dengan stabilitas harga dan daya beli masyarkat, pihaknya menyebutkan bahwa harga di Pasar Badung cenderung stabil. Namun memang harus diakui bahwa daya beli masyarakat menurun. 

"Harga-harga di Bali aman terkendali, saya ucapkan terimakasih, kita mau coba supaya lebih ramai lagi, sehingga kegiatan ekonomi bisa berjalan dengan baik," jelasnya

"Saya minta sama pak Dirjen Perdagangan Dalam Negeri untuk menerapkan SOP Pedulilindungi, kita akan coba di Pasar Badung minggu depan supaya kita bisa sama-sama memastikan Bali ini dapat memutus penyebran pandemi walaupun kegiatan ekonomi akan kita buka dan jalankan," imbuhnya.

Sementara Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara megucapkan terimakasih atas kunjungan Menteri Perdagangan RI, Muhammad Lutfi. Dimana dari kunjungan ini dapat disimpulkan bahwa visi kita sama untuk memulihkan Bali. Baik dari sisi kesehatan dan perekonomian. 

Jaya Negara menyambut baik keinginan Mendag untuk menerapkan SOP Pedulilindungi di Pasar Rakyat. Pihaknya pun siap untuk mengikuti arahan Mendag dalam mendukung penerapan SOP Pedulilindungi di Pasar Badung. 

"Pasar Badung kami kira sudah layak, dan saya siap mengikuti arahan Mendag, sehingga dengan optimalisasi langkah preventif pencegahan diharapkan dapat mendukung percepatan pembukaan pariwisata Bali yang bermuara pada geliat perekonomian," jelas Jaya Negara. (BB)