Dikpora Gelar Upacara Rsi Gana, Wawali Arya Wibawa Mendem Pedagingan

  04 April 2023 SOSIAL & BUDAYA Denpasar

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar. Bertepatan dengan Anggara Kasih Prangbakat, Disdikpora Kota Denpasar menggelar upacara Upacara Memungkah, Rsi Gana , Caru Balik Sumpah Alit, Penyakap Karang, Pengetas Karang dan Pujawali. Hadir pada kesempatan tersebut  Wakil Walikota Denpasar  I Kadek Agus Arya Wibawa sekaligus mendem pedagingan di Pelinggih Pura Kantor setempat   pada Selasa (4/4). Upacara ini dipuput oleh Ida Pedanda Gede Dwija Putra dari Geria Baturiti Tabanan.

Wakil Walikota Denpasar I kadek Agus Arya Wibawa mengatakan, upacara Rsi Gana adalah untuk menetralisir pengaruh negatif dan memenuhi ruang yang ada dengan pengaruh positif. Selain itu upacara ini  merupakan prosesi untuk melinggihkan Ida Sang Hyang Widi Wasa  dalam manifestasinya di tempat suci.

Dengan dilaksanakannya upacara dapat  meningkatkan sradha dan bakti umat kehadapan Tuhan yang Maha Esa. "Semoga dengan dilaksanakannya upacara ini  ke depan  semua staf yang bertugas di Kantor Disdikpora  dapat meningkatkan kinerja dan keharmoniasan antara para staf dan stakeholder Disdikpora Kota Denpasar," kata Arya Wibawa

Ketua Panitia Karya Cok.  Putra Wisnu Wardhana menjelaskan upacara ini diselenggarakan karena sebelumnya lahan Kantor Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar berasal  dari dua sekolah dan dijadikan satu. Selain itu bangunan yang dibongkar tidak disertai dengan pembongkaran  dasarnya, Serta tempat suci digeser dari tempat sebelumnya.

Sehingga secara niskala Tri Mandala itu senantiasa dirubah tentu secara niskala  akan menimbulkan aura yang kurang bagus dan berdampak pada pawongan yang ada disini.  Oleh karena dilaksanakan acara ini dengan tujuan agar Trimanda dan Tri Hita Karana Kantor Disdikpora ini menjadi harmonis dan memberikan aura yang positif.

Lebih lanjut ia mengatakan, rangkaian upacara diawali dengan matur piuning, kemudian dilaksanakan nuasen karya pada tanggal 30 Maret lalu.  Selanjutnya nunas tirta penyaksi di Kayangan dan beberapa pura yang memang terkait dengan Kantor Disdikpora Kota Denpasar  seperti Jagatnatha, Prajanatha, Lokanatha dan Pura Taman Sari yang bertempatan Kantor Disdikpora serta mendak Tirta di Pura Dalem Sidakarya sebagai pemuput yadnya dan juga nunas tirta segara sebagai pemuput dalam caru.

Untuk Puncak Piodalan berlangsung pada Purnama Kedasa disertai dengan Guru Piduka. “Hal itu dilakuakan karena Disdikpora merubah tegak piodalan dari Purnama Kasa menjadi Purnama Kedasa,”  jelas Wisnu Wardhana. (Rls/BB)