Dihadiri Wagub Cok Ace, Parade Kirab Kemerdekaan BMPS Bali Tunjukkan Sinergisitas Perguruan Swasta dengan Pemerintah

  13 Agustus 2022 PENDIDIKAN Denpasar

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Meski diguyur hujan, ribuan pelajar penuh semangat memekikkan teriakan merdeka saat berparade mengelilingi seputar Lapangan Renon dalam 'Parade Kirab Kemerdekaan Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Bali', Sabtu (13/8/2022).

Wakil Gubernur Dr. Ir. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, M.Si. yang hadir juga tetap bertahan meskipun ditengah hujan mengguyur dengan melanjutkan pidatonya yang menyampaikan bahwa sejatinya semua pihak harus tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dan terus berkarya dalam membangun Bali pasca pandemi Covid-19 yang sempat meluluhlantakkan perekonomian dan pariwisata Bali.

Kirab Kemerdekaan tersebut juga dihadiri beberapa pejabat penting Pemerintah Provinsi Bali, diantaranya dari perwakilan DPRD Provinsi Bali, perwakilan dari Kodam IX Udayana, Kapolda Bali, perwakilan dari Polda Bali, perwakilan dari Bank Indonesia, perwakilan dari Bank BPD Bali, para pengurus BMPS Bali dari seluruh kabupaten/kota serta ribuan pelajar dari masing-masing sekolah swasta di Bali.

Ketua BMPS Bali Gede Ngurah Ambara Putra menyampaikan bahwa Kirab Kemerdekaan ini sebagai bentuk bhakti kepada bangsa dan negara dengan mengenang jasa para pahlawan, yang dengan tekad, semangat yang keras mengorbankan jiwa dan raganya. Untuk itu, maka sejatinya sebagai generasi penerusnya agar meningkatkan cinta Tanah Air dengan selalu menjaga persatuan kesatuan, menjaga toleransi dan menjauhkan diri terutama dari paham Radikalisme.

"Kepada siswa, mari kita syukuri keadaan ini dengan mengisi kemerdekaan ini dengan penuh disiplin dan terus belajar dan belajar, untuk selalu patuh dan menjunjung tinggi empat komitmen dasar negara, yakni Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI. Juga harus selalu memastikan materi pembelajaran mengandung pandangan keagamaan moderat dan bernuansa wawasan kebangsaan," harap Ngurah Ambara.

Sementara itu, Panitia Pelaksana 'Parade Kirab Kemerdekaan Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Bal, M.S Chandra Jaya memberikan apresiasinya kepada para pejabat dan seluruh siswa-siswi yang hadir. Menurutnya, hal ini menandakan bahwa sesungguhnya Pemerintah Provinsi Bali tetap memperhatikan keberlangsungan pendidikan perguruan swasta.

"'Parade Kirab Kemerdekaan BMPS Bali juga menunjukkan sesungguhnya betapa kuatnya jalinan sinergisitas perguruan swasta dengan pemerintah dalam keberlangsungan pendidikan sekolah swasta," kata Chandra seraya berkomitmen untuk terus mendukung pembangunan Nangun Sat Kerthi Loka Bali demi terwujudnya pendidikan yang terjangkau, merata, adil, dan berkualitas serta melaksanakan wajib belajar 12 tahun.(BB).