"Digroundbreaking" Proyek Revitalisasi TPA Regional Sarbagita Suwung, Target Rampung 2018

  22 Desember 2017 EKONOMI Denpasar

Humas Pemrov Bali

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Sebagai tuan rumah IMF- World Bank Annual Meeting pada Oktober 2018 nanti, Bali sedang berbenah diri. Selain proyek  underpass  Simpang Bandara I Gusti Ngurah Rai, proyek Revitalisasi TPA Regional Sarbagita Suwung juga merupakan salah satu persiapan untuk mengamankan Bali. 
 
Pengelolaan sampah secara terpadu ini rencananya akan ditangani dalam dua proyek, yakni sanitary landfill management dan waste to energy.
 
 
"Pengerjaan proyeknya dilakukan dengan cepat, dan menggunakan teknologi paling efektif dan efisien sehingga proyek ini diharapkan selesai pada pertengahan 2018," kata Menteri Koordinator Bidang Maritim, Luhut Binsar Panjaitan, usai groundbreaking proyek Revitalisasi TPA Regional Sarbaguta Suwung, Jumat 22 Desember 2017.
 
Banyak proyek yang tertunda sekian tahun, akhirnya bisa berjalan seperti saat ini. 
 
“Dan inipun bukan jalan yang mudah. Kalau sekarang jadi ya saya bersyukur mudah-mudahan ini bisa bagus seperti yang direncanakan,” katanya. 
 
 
Ditambahkannya, proyek ini bukan semata-mata menghadapi IMF- World Bank Annual Meeting saja, namun lebih kepada meningkatkan kualitas derajat hidup masyarakat Bali.
 
Selain terbangunnya sanitary landfill dan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa), TPA juga akan dikembalikan sebagian fungsinya sebagai Taman Hutan Rakyat seluas 22,4 HA. Diharapkan hal ini dapat meningkatkan kualitas hidup dan sekaligus menyelamatkan kualitas air permukaan yang dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sekitar.
 
 
Sementara itu, Wagub Ketut Sudikerta yang mewakili Gubernur Bali mengatakan, konsep pengelolaan sampah dimulai pada 1984, dan pada 2005 dilaksanakan konsep sampah menjadi tenaga listrik dengan sistem pengelolaan yang direncanakan mampu menghasilkan 0,9 MW listrik. 
 
Luasan TPA Sarbagita Suwung mencapai 32,4 HA, dirancang melayani empat wilayah Kabupaten/Kota  yaitu Denpasar, Badung, Gianyar dan Tabanan, yang diharapkan mampu menampung 1000 ton sampah per hari. Namun sampai saat ini konsep sampah menjadi tenaga listrik belum dapat dioptimalkan, dan saat ini terlihat timbunan sampah yang menggunung dan kurang secara estetika.
 
 
Groundbreaking Revitalisasi TPA Regional Sarbagita Suwung ditandai dengan penekanan tombol sirene secara bersama-sama. Turut hadir pada kesempatan tersebut Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati, Gubernur BI, Deputi Bidang Koordinasi SDM, IPTEK, Budaya Maritim, dan Dirjen Cipta Karya Dirjen Konservasi SDA dan Ekosistem. (BB)
 
 
 
BACA JUGA :