Didampingi Putu Rudana, Presiden IPU Pacheco Berwisata dan Beli Cinderamata di Ubud

  25 Maret 2022 TOKOH Gianyar

Foto: Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana (PSR) dampingi Presiden Inter-Parliamentary Union (IPU), Duarte Pacheco pada Jumat, 25 Maret 2022 berwisata dengan mengunjungi tempat wisata yang ada di Ubud, Gianyar, Bali.

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Didampingi Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana (PSR), Presiden Inter-Parliamentary Union (IPU), Duarte Pacheco pada Jumat, 25 Maret 2022 berwisata dengan mengunjungi tempat wisata yang ada di Ubud, Gianyar, Bali. 

Kunjungan untuk menikmati destinasi wisata Pulau Bali dilakukan Pacheco usai diselenggarakannya Forum IPU ke-144 di Bali International Convention Center (BICC) Nusa Dua, Bali sejak Senin-Kamis, 20-24 Maret 2022. 

Adapun destinasi pertama yang disambangi Pacheco bersama putranya Guilherme yang didampingi Putu Rudana dengan mengunjungi Pasar Ubud. Disini, Pacheco memborong sejumlah baju, kain, ukiran bali hingga asesoris gelang maupun tas hasil kerajinan pelaku UMKM. 

Pacheco terlihat begitu senang bisa membawa oleh-oleh khas dari Bali. Bahkan, Pacheco diajarkan mengucapkan terima kasih menggunakan Bahasa Daerah Bali oleh pedagang dan foto dengan kaos yang dibelinya bertuliskan ‘Bali’. 

“Matur suksma. Thank you,” kata Pacheco usai membayar asesoris ke salah satu pedagang. 

Selanjutnya, Putu Rudana juga mengajak Pacheco ke lokasi wisata Sacred Monkey Forest Sanctuary. Tampak, Pacheco bahagia sekali melihat keindahan alam yang menjadi tempat pariwisata dipenuhi hewan monyet. Bahkan sesekali, Pacheco memberi makan monyet tanpa rasa takut. 

Pacheco mengaku sangat senang berkunjung ke Ubud untuk menikmati keindahan Bali. Ia berharap ekonomi dan pariwasata Bali bangkit kembali pasca pandemi. 

"Saya senang dan bahagia sekali bisa berkunjung ke Ubud, Bali, didampingi sahabat dekat saya Putu Rudana, anggota parlemen Indonesia dari Bali. Seru sekali, tadi saya belanja kaos, belanja gelang, ukiran Bali dan melihat keindahan alam bali di monkey forest yang luar biasa. Masyarakat Bali sangat ramah sekali. Saya berharap pasca pandemi ini banyak warga dunia akan melihat dan berkunjung ke tempat yang luar biasa ini," ungkapnya. 

Putu Rudana berharap kedatangan Presiden IPU, Duarte Pacheco ke Ubud Bali untuk menunjukan bahwa Bali sudah siap kembali menjadi destinasi utama parisawata dunia. 

“Sebagai tuan rumah, hari ini saya bersama sahabat saya Presiden IPU, Duarte Pacheco berkunjung ke Ubud, Bali. Saya ingin memperlihatkan kepada beliau filosofi bali yaitu Tri Hita Karana. Melihat secara langsung UMKM dan pariwisata yang mulai menggeliat kembali,” kata Anggota DPR asal Bali ini.

Dalam kesempatan ini, Putu Rudana mengajak Pacheco mengunjungi Museum Rudana untuk melihat berbagai macam koleksi karya-karya lukisan sang maestro. Begitu tiba di Museum Rudana, Presiden IPU disambut dengan gamelan tarian Bali. 

Bahkan, Pacheco bersama anaknya dipercikan tirta suci menurut adat budaya Bali dan didoakan oleh Ibu Rudana agar selalu dikaruniai kesehatan, keselamatan dan dapat menggaungkan cinta kasih dan perdamaian ke seluruh penjuru dunia. Lalu, Pacheco bersama putranya berkeliling melihat koleksi lukisan sang maestro yang ada di Museum Rudana tersebut. Terakhir, Pacheco dikenakan baju adat Bali dan Putu Rudana diberikan cendera mata oleh Presiden IPU. 

"Kami dari museum Rudana mengangkat Pacheco menjadi bagian dari keluarga kehormatan museum Rudana," ucapnya.

Putu berharap Pacheco sebagai Presiden IPU, yang memiliki anggota 178 negara dari seluruh dunia bisa menyampaikan pesan atau mempromosikan Indonesia dan juga Bali ke berbagai negara anggota IPU. Apalagi Pacheco sering berkeliling dunia memimpin berbagai sidang. 

“Beliau diharapkan sebagai Presiden IPU sering berkeliling dunia memimpin sidang-sidang 178 negara itu untuk menyuarakan tentang Indonesia dan juga Bali, baik menggaungkan seni budaya, permuseuman dan pariwisata. Oleh karena itu saya meminta beliau sebagai duta promosi Bali, Indonesia,” tutupnya.(BB).