Desa Dawan Klod Wakili Klungkung, Lomba Kesatuan Gerak PKK tingkat Provinsi

  27 November 2018 SOSIAL & BUDAYA Klungkung

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Klungkung. Tahun ini, Pemerintah Provinsi Bali menggelar penilaian pelaksana terbaik lomba kesatuan gerak PKK-KKBPK-Kesehatan dan Hari Kesatuan Gerak PKK tingkat Provinsi Bali. Delapan Kabupaten di Bali akan dinilai untuk mendapatkan yang terbaik guna mewakili Bali di tingkat Nasional. Untuk Kabupaten Klungkung sendiri diwakili oleh Desa Dawan Klod, Kecamatan Dawan.
 
 
Penilaian tersebut dihadiri oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kab.Klungkung Ny Ayu Suwirta secara bersama menyambut kedatangan Tim Penilai dari Provinsi yang dipimpin langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Ny. Putri Koster, beserta rombongan, di Banjar Tengah Desa dawan Klod, selasa (27/11).
 
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam sambutan selamat datang menyampaikan, kegiatan lomba ini merupakan rutinitas yang dilakukan oleh pemerintah dari Kabupaten, Provinsi, hingga Pusat. Tim Penggerak PKK  di Klungkung juga bersinergi dengan program-program Pemkab Klungkung. Salah satunya yaitu ikut dalam bedah desa bersama seluruh OPD di Klungkung turun langsung ke desa dalam memecahkan permasalahan.
 
“Lomba ini merupakan kebutuhan setiap desa supaya bisa mengevaluasi kekurangan sehingga menjadi lebih baik nantinya,” ujar Suwirta.
 
 
Dalam laporannya, Ketua TP PKK Desa Dawan Klod Sri Widiantari Suardita memaparkan, bahwa persiapan sudah dilakukan jauh-jauh hari. Persiapan diawali dengan mengadakan rapat desa, kemudian disusul menyusun rencana kegiatan dan penyebaran informasi ke masyarakat terkait lomba tersebut. Ada beberapa program yang sudah berjalan di Desa Dawan Klod, antara lain gerakan SIDORA, Lapangan 46, Sanggar Kreativitas Seni Remaja dan Anak, Handphone Positif, dan Crisis Centre PATBM.
 
Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Ny. Putri Koster dalam sambutannya berharap kegiatan ini menjadi motor penggerak partisipasi dari semua pihak dan menjadi wadah pembinaan bagi instansi pemerintah, organisasi kemasyarakatan dan lembaga swadaya masyarakat (LSM). Gerakan PKK ini dilaksanakan untuk mendukung program pemerintah dengan sasaran para keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat.
 
 
Untuk itu setiap tahun telah disusun program kerja  sesuai dengan situasi den kondisi daerah masing-masing. Penilaian lomba KP PKK-KKBPK-Kesehatan, dan lomba-lomba HKG dan jamboree PKK tingkat Provinsi Bali diikuti oleh 9 (Sembilan) kategori Kabupaten kaupun kategori kota.
 
Untuk kategori kota secara otomatis Kota Denpasar yang akan mewakili Provinsi Bali, sedangkan untuk Kabupaten akan dipilih yang terbaik yang nantinya akan mewakili Provinsi Bali. Penilaian ini dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan yang telah dicapai. (BB)