Datang ke Seminar Bakti Desa, Perbekel Desa Tihingan Harap Unud Bantu Transformasi Teknologi Olah Sampah Residu

  24 September 2022 OPINI Badung

Perbekel Desa Tihingan, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung, I Wayan Sugiarta

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Jimbaran. Kepala Desa, Bendesa Adat, Perbekel dan Lurah seluruh Provinsi Bali pada Jumat, 23 September 2022, bersama-sama menghadiri acara Seminar Bakti Desa (SBD) V 2022  yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UNUD, di Auditorium Widya Sabha Kampus Bukit Jimbaran.

Seminar ini bertemakan “Strategi Pengembangan Potensi Desa sebagai Sumber Pendapatan Desa dalam Mendorong Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa”, bertujuan untuk memberikan edukasi terkait strategi guna mendorong kesejahteraan masyarakat desa.

Perbekel Desa Tihingan, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung, I Wayan Sugiarta turut hadir memberikan tanggapan terkait pelaksanaan SBD V 2022. Ia mengungkapkan bahwa melalui acara ini dapat merefleksikan kembali program-program desa yang telah terlaksana dan mengkomparasikan program desa yang masih perlu menjadi perhatian atau prioritas.

Ia juga memaparkan bahwa pihaknya telah melakukan beberapa kerja sama terkait pelaksanaan pemberdayaan masyarakat bersama Universitas Udayana seperti Kuliah Kerja Nyata yang telah berlangsung selama satu setengah bulan dan pelatihan pembuatan teh herbal oleh Fakultas Teknologi Pertanian guna membantu perluasan edukasi masyarakat baik untuk konsumsi pribadi ataupun sebagai peluang bisnis.

“Kami berharap ke depan terjadi ada proses transformasi teknologi khususnya dalam bidang pengolahan sampah residu dari civitas akademika Universitas Udayana kepada pihak Desa Tihingan,” ungkapnya.

Hal tersebut dikarenakan sampah residu yang terkumpul di Desa Tihingan cukup sulit diolah dan memerlukan perhatian khusus dalam pengelolaannya, sehingga sangat diperlukan sentuhan akademisi yang terampil di bidangnya untuk memberikan penerapan teknologi terkait.(BB) 

Sumber: www.unud.ac.id