Daftar ke KPU, Bacaleg PDI P Long March dari Taman Sangkur Jembrana

  11 Mei 2023 POLITIK Jembrana

Ket poto: PDI Perjuangan jalan kaki mendaftar bacaleg ke Kantor KPU Jembrana

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Jembrana. Pendaftaran calon legislatif Pemilu 2024 telah dimulai pada tanggal 1 Mei 2023 dan akan berakhir pada tanggal 14 Mei 2023. Pendaftaran pertama dilakukan oleh Partai PKS pada Rabu, 10 Mei 2023, yang diikuti oleh Partai PDI Perjuangan dan rencananya pada pukul 12.00 WITA Partai Nasdem juga akan mendaftar.

Namun, PDI Perjuangan memiliki keunikan dalam pendaftaran bakal calon legislatif mereka di Jembrana. Mereka mendaftarkan 35 calon caleg dari setiap kabupaten dengan long march sejauh kurang lebih 1 kilometer, dimulai dari Taman Sangkur hingga Kantor KPUD Jembrana. Selama long march tersebut, mereka diiringi oleh kesenian Beleganjur dan Hadrah.

Sekretaris PDI Perjuangan Jembrana saat dikonfirmasi meangatakan, Ni Made Sri Sutharmi mengatakan bahwa pendaftaran kali ini dilakukan dengan konsep budaya. Mereka mendaftarkan bakal calon legislatif ke Kantor KPU Jembrana dengan tema "Parade Budaya" dan mengikutsertakan kelompok masyarakat seperti kelompok seni, pertanian, dan nelayan.

“Hri ini PDI Perjuangan mengajukan seluruh dapil, dari 5 dapil yang didaftarkan lengkap, total keseluruhan berjumlah 35 orang, dan 30 persen keterwakilan perempuan sudah terpenuhi. Setelah berkas-berkas para calon caleg diperiksa oleh KPU, dinyatakan sesuai dengan persyaratan yang berlaku,” jelasnya. Kamis (11/5/2023)

Menurutnya, dari 18 orang petahana fraksi PDI Perjuangan yang maju dalam Pileg 2024, sebanyak 17 orang maju sebagai bacaleg, sedangkan 1 orang maju ke provinsi. “Selain itu, DPP juga memberikan rekomendasi ke provinsi untuk 4 orang, dan ke pusat DPR RI untuk 2 orang, di antaranya merupakan petahana,” terangnya.

Ketua KPU Jembrana, I Ketut Gde Tangkas Sudiantara menyatakan bahwa hingga hari ini, pihaknya telah menerima pendaftaran dari 2 partai politik, yaitu Partai PKS dan PDI Perjuangan. Setelah dilakukan pemeriksaan dengan tim verifikasi, semua persyaratan sudah lengkap. “Partai PKS mendaftarkan 32 bacaleg dari 35 yang maksimal diizinkan, sedangkan PDI Perjuangan mengajukan bacalegnya dengan kuota penuh sebanyak 35 orang,” ucapnya.

Ini merupakan kali pertama dari dapil Jembrana terpilih maju ke DPR RI, yaitu IGA Diah Werdhi Srikandi, seorang petahana DPRD Provinsi dapil Jembrana, yang maju sebagai bacaleg DPR RI. (BB)