Cetak SDM Unggul dan Sukses, LPK Kaori Academy Center Kerja Sama dengan Rhodes International College Australia

  26 Januari 2023 PENDIDIKAN Gianyar

Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Kaori Academy Center (KAC) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Rhodes International College Australia yang dilaksanakan di Kaori Center Ubud, Kamis sore (26/1/2023).

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Gianyar. Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Kaori Academy Center (KAC) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Rhodes International College Australia yang dilaksanakan di Kaori Center Ubud, Gianyar Kamis sore (26/1/2023). Penandatangan MoU ini dihadiri langsung oleh CEO Rhodes International College Australia Nikki Salomon. Sementara dari LPK Kaori Academy Center (KAC) dihadiri Direktur Utama Kaori Group Ni Kadek Winie Kaori I.M,SE, MM.

Penandatanganan nota kesepahaman dengan lembaga pendidikan dari Kota Sydney ini sebagai salah satu bukti "Sing Main-Main" (tidak main-main) dan keseriusan LPK Kaori Academy Center dalam mencetak para siswanya menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) unggul untuk disalurkan bekerja maupun studi disejumlah negara. Sesuai dengan tagline LPK KAC "We born a star" dalam menyiapkan generasi muda dengan harapan baru dan masa depan yang cerah yang dibekali kemampuan Bahasa Inggris.

CEO Rhodes International College Australia Nikki Salomon mengaku kampusnya menyiapkan lulusannya untuk bisa bekerja. Apalagi Rhodes International College sudah kerja sama dengan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja. 

"Lulusan kampusnya (Rhodes International College) disiapkan untuk bisa bekerja. Rhodes International College sudah kerja sama dengan berbagai perusahaan di Australia," kata Nikki Salomon.

Sementara, Migration Lawyer Australia Samantha Vitale yang juga hadir dalam penandatanganan kerja sama, mengungkapkan pasca pandemi Australia membutuhkan tenaga kerja dalam berbagai sektor yang cukup besar. Menurutnya, meksipun Bali memang dikenal tempat terbaik untuk pendidikan jurusan perhotelan selain Australia namun pendapatan terbesar turis Australia memang dari sektor pendidikan.

Dalam kesempatan ini, Ni Kadek Winie Kaori selaku Pimpinan Kaori Group yang beberapa bulan lalu mengunjungi langsung Australia untuk memulai penjajakan kerja sama ini menyatakan kampus Rhodes International College menunjuk LPK Kaori Academy Center sebagai partner yang ada di Indonesia.

Foto: Direktur Utama Kaori Group Ni Kadek Winie Kaori I.M,SE, MM. 

"Karena itulah sayang jika peluang-peluang ini dilewatkan begitu saja. Karena kita semua harus menjadi pejuang bagi keluarga," ucap Kaori penuh semangat.

Lebih jauh Kaori menjelaskan bahwa kampus di Sydney ini menawarkan berbagai program untuk bisa kuliah di Australia. Sementara KAC menyiapkan generasi muda yang siap dilatih dan bekerjasama jangka panjang. Hebatnya lagi, para siswa nantinya juga akan bisa berpendidikan sambil bekerja untuk bisa menjadi pahlawan dan pejuang ekonomi keluarga.

"LPK KAC (Kaori Academy Center) menyiapkan generasi muda yang siap untuk dilatih dan mendapatkan sertifikat double degree. LPK kami akan memberikan sertifikat pelatihan bahasa Inggris, sedangkan mereka memberikan fasilitas untuk sertifikat Cambridge. Jadi para siswa nantinya juga akan bisa berpendidikan sambil bekerja," terang perempuan ramah berparas cantik ini.

Menurut Kaori, dipilihnya Rhodes International College lantaran memiliki jurusan Early Childhood Education and Care, information and Communication Technology, Marketing and Communication, Leadership and Management. Dimana lulusannya nanti memiliki kemampuan dalam merawat dan menjaga anak yang dititip dalam suatu perusahaan. Kedepan, kerja sama dengan kampus lain pun akan terus dilakukan KAC untuk kemajuan dan kesuksesan para siswanya.

"Study di Australia juga terbuka peluang untuk bisa sambil bekerja seperti di sektor restoran, pertanian dan lain sebagainya. Student ini tidak hanya belajar saja, tetapi berkesempatan 20 jam per Minggu untuk bisa cari pengalaman (bekerja) di Australia," jelas Kaori sambil tersenyum.

Rhodes International College sebagai mitra pertama LPK Kaori dan output siswa LPK Kaori memiliki masa depan yang cerah, karena Rhodes International College mempunyai peranan sebagai penyalur di Australia. Para siswa akan digembleng diberikan pelatihan Bahasa Inggris, dibekali kemampuan, kemahiran dan praktek serta memilih hybrid sebagai metode pembelajarannya.

"Pasca pandemi, Australia membutuhkan tenaga kerja dalam berbagai sektor yang cukup besar. Peluang tersebut diharapkan bisa ditangkap oleh generasi muda Bali," harap Kaori.

Pasca kerja sama ini, Kaori juga segera akan membuka Kantor Kaori Group di Sydney dalam memudahkan para siswa yang berangkat ke Australia melakukan berbagai bentuk komunikasi. Sedangkan Rhodes International College juga akan membuka kantor di Bali. 

"Kantor ini diharapkan jadi rumah yang nyaman bagi mereka (kandidat yang ke Australia) serta akan memudahkan informasi berbagai lowongan pekerjaan yang ada," terang Kaori.

Dipilihnya Australia sebagai salah satu negara yang mempunyai sektor pendidikan global berkualitas dengan menyediakan fasilitas terbaik termasuk sumber daya manusia dalam perguruan tinggi. Bahkan sampai saat ini Australia menyediakan pilihan berbagai program studi.

"Bagi mereka yang masih kurang dalam berbahasa Inggris kami sediakan Kursus Bahasa Inggris dan International English Language Testing System (IELTS) untuk keperluan studi, bekerja dan imigrasi," tegas Kaori.

Kaori juga menyebut, selain peluang kerja di Australia cukup banyak, para kandidat juga tidak sebatas hanya mencari kerja, namun disamping bekerja di negeri kanguru mereka juga bisa temukan peluang-peluang baru. Bahkan, bagi mereka yang bertolak ke Australia juga terbuka peluang mendapatkan permanent resident jika minimal selama lima tahun berada di Australia dengan syarat tertentu.

"Pengajuan permanent resident atau visa permanen bisa diajukan setelah lama tinggal selama lima tahun jika bersikap baik, tidak ada kriminalitas dan mendapatkan rekomendasi," sebut Kaori mengakhiri wawancara.(BB).